Industri yang tidak pernah berhenti, merekam makin banyak nama kembali atau nyemplung ke arena. Ini rekomendasi track yang kami kumpulkan sepanjang bulan November 2018 ini. Ada sejumlah band baru yang menarik hati, ada band lama yang merilis karya baru.

Formulasinya biasa, tidak ada yang baru. Tapi, apa yang ada di dalamnya, seringkali membawa penyegaran untuk kita semua yang terbiasa punya ruang untuk mendengarkan banyak musik baru dari kanan-kiri.

Silakan disimak. Seperti biasa, segera ditindaklanjuti pencariannya kalau nyangkut dengan salah satu nama di dalam daftar ini. (*)

01. El Karmoya – Carbere Amor

El Karmoya merupakan produk akulturasi budaya yang baik antara Sunda dan Mexico. Sesungguhnya, kita perlu menyikapinya dengan bahagia dan penuh tawa.

02. The Dare – Inthrovvvert

Empat orang muda asal Lombok baru saja menjalankan tur ke tiga kota di bulan ini. Rasanya, mereka meninggalkan banyak kesan bagus di memori penonton yang menyaksikan ketiga pertunjukan mereka. Ekspor baru Pulau Lombok. Aman berada di dalam bimbingan Sundancer, kompatriot mereka yang juga berasal dari kota yang sama. Di balik musiknya yang renyah, ada lirik-lirik pelik yang perlu diperhatikan.

03. Polka Wars – Mandiri

Kalau ada kontes untuk video musik terbaik bulanan dan juga tahunan, rasanya Polka Wars bisa memenangkannya berkali-kali. Ini single baru, yang entah berdiri sendiri atau bagian dari album penuh kedua yang sedang mereka garap.

04. Orkes Nunung CS feat. Arie Dagienkz – Jangan

Orkes Nunung CS adalah salah satu perwakilan orang muda yang konsisten menuangkan cinta mereka pada musik dangdut. Lagu ini menampilkan Arie Dagienkz yang punya pengalaman beberapa kali naik panggung menggantikan Jhonny Iskandar sewaktu masih bergabung dengan OM PMR dulu.

05. Superman is Dead – Batas Cahaya

Superman is Dead kembali dengan album baru berjudul Tiga Perompak Senja yang sedihnya, belum dirilis dalam bentuk fisik sampai saat tulisan ini ditayangkan.

06. Shadowplay – Her Side (Demo)

Band asal Medan, Shadowplay, sedang menggarap debut album penuh mereka. Lagu Her Side, dirilis untuk orang banyak. Ini versi demonya. Shadowplay adalah salah satu hal paling menarik dari scene musik Medan belakangan ini. Jadi, silakan dipantau.

07. Umar Haen – Di Jogja Kita Belajar

Umar Haen baru saja merilis album Gumam Sepertiga Malam. Lagu ini, ada di dalamnya. Ia banyak bercerita tentang kehidupan jadi perantau di kota super enak bernama Jogjakarta.

08. The Panturas – Queen of the South

The Panturas merilis single lewat Tinder. Di pengantarnya, mereka bilang bahwa ini adalah pengantar menuju album instrumental yang sedang mereka siapkan. Menarik juga mendengar kabar kalau mereka mau merilis album instrumental.

09. Petrus – Jamuan Rekayasa

Dari Riau. Akan melanglang buana jauh sampai Tanah Sulawesi di Rock in Celebes 2018. Albumnya penuh energi. Cakep!

10. Tuan Tigabelas – Westwew

Syukurlah Tuan Tigabelas akan merilis album. Di balik keberadaannya sebagai salah satu penyanyi hip hop yang patut diperhitungkan, ketidakhadiran album rasanya merusak fakta manis itu. Westwew adalah sebuah single yang bagus untuk mengawali perjalanan menjelang dirilisnya debut album penuh itu.