Nada Siasat: Merangkum dan Tak Terbatas

Kali ini Nada Siasat mencoba merangkum setiap kejadian dan momen-momen yang setidaknya terjadi dalam kurun waktu satu bulan terakhir, nama-nama baru di industri musik terus bermunculan. bertepatan juga dengan bulan ramadhan hal ini tidak menurunkan produktivitas musisi-musisi ini untuk merilis karya-karya terbarunya. momen ini menjadi sebuah semangat baru setidaknya untuk kami tetap percaya, apapun yang terjadi, dan batasan-batasan apapun tidak akan menjadi hambatan untuk tetap produktif. Diantaranya kami sudah urutkan beberapa rilisan yang sudah dapat didengarkan di berbagai platform musik digital. Berikut adalah rangkuman Nada Siasat pilihan Siasat Partikelir:

Stars and rabbit – Merry Alone

Resmi diluncurkan pada hari jum’at tanggal 23 April 2021 lalu. Dan dengan dirilisnya single “Merry Alone” juga menjadi penanda dan gerbang menuju rangkaian perjalanan diskografi terbaru Stars and Rabbit setelah di bulan lalu Stars and Rabbit meluncurkan video live dari “Attic No.7 (Live in Jakarta) yang menjadi bagian dari album Rainbow Aisle. Duo Stars and Rabbit, Elda Suryani dan Didit Saad mencoba merangkum dan membawa tema besar seputar kesepian yang muncul secara tiba-tiba karena merasa terasingkan dari dunia. Namun mereka juga menyadari dan mengetahui bahwa semua orang di dunia turut merasakan hal yang sama.

Azzah ZM – Hanya Untukmu

Azzah Zulfa Maula wanita kelahiran 30 Januari 1996 ini mengawali karirnya sebagai penulis, pegiat puisi, dan lalu merambah ke dunia tarik suara. Beberapa karyanya sudah dipublikasikan secara personal melalui media sosialnya. Pada tahun 2019, ia pernah mempublikasikan karyanya pada Art Exhibition yang bertajuk “Sebuah Pertemuan” bersama beberapa pegiat seni lainnya, kini ia mencoba eksplorasi di dunia musik dengan merilis debut single ‘Hanya Untukmu’

Pada awal tahun 2021 ini, ia memulai menekuni dan berkecimpung di dunia musik, khususnya dunia tarik suara. Azzah menciptakan sebuah lagu romantis, single yang bertajuk ‘Hanya Untukmu’ menjadi awal langkah karirnya sebagai musisi, yang ia rilis kepada khalayak luas pada tanggal 16 April 2021 lalu.

For Revenge X Stereo Wall – Jakarta Hari Ini

Setelah sukses dengan merilis single kolaborasi “Jakarta Hari Ini” pada 28 Februari 2021, For Revenge (fR) dan Stereo Wall (SW) melajutkan rangkaian kolaborasinya ke ranah visual. Dua unit modern rock/emo itu akhirnya melepas musik video dari single “Jakarta Hari ini” pada hari jumat 30 April 2021.

Masih tetap konsisten dengan karya-karya For Revenge (fR) dan Stereo Wall (SW) sebelumnya, konsep klip kali ini masih tentang cerita patah hati dan hubungan antar manusia dengan manusia. Dalam video musik “Jakarta Hari Ini” yang bertanggung jawab sebagai sutradara adalah Marisca Surahman, seorang sutradara muda asal kota Bandung yang juga pernah terlibat dan menyutradarai video musik milik Yura dan Lalahuta.

Dere – Berisik

Hubungan antar manusia dengan alam, manusia dengan makhluk hidup lain, bahkan manusia dengan manusia, beberapa kali menjadi benang merah yang dibawa oleh musisi untuk dijadikan sebagai pondasi cerita dalam menciptakan sebuah karya. Ini juga yang terjadi dengan Dere penyanyi dan penulis lagu muda yang baru saja merilis sebuah single berjudul “Berisik”. Secara garis besar membawa cerita tentang bagaimana manusia ‘berisik’ bisa menjadi pengganggu untuk makhluk hidup yang lainnya. Setelah sukses dengan single “kota di bulan Oktober tahun lalu, dan single “Tanya” di bulan Januari,kini Dere melanjutkan rangkaiannya dengan merilis single “Berisik” di penghujung bulan April lalu. Lagu “berisik” ditulis oleh Dere dan dibantu oleh salah satu penyanyi kenamaan Indonesia Tulus. Dan masih dalam naungan label rekaman TigaDuaSatu.

Monita Tahalea – Laila

Rekam perjalanan Monita Tahalea seorang penyanyi dan penulis lagu yang berhasil merilis sebuah album ‘Dari Balik Jendela’ pada tahun 2020 lalu, dengan sepuluh nomor didalamnya, yang dimana sebelumnya juga Monita Tahalea mengatakan jika di albumnya ‘Dari balik Jendela’ Monita Tahalea tidak ingin membatasi apa makna dari album ini, biar semua pendengarnya yang menjadikannya sebagai renungan tersendiri saat mendengarkan trek yang ada di albumnya tersebut. Kini datang kabar terbaru dari Monita Tahalea yang akan melepas sebuah video musik dari salah satu nomor dari album ‘Dari Balik Jendela’ yaitu “Laila”. Mengingat “Laila” adalah salah satu nomor yang sering diputar di berbagai layanan streaming musik digital, kini single “Laila” akan hadir dalam format video musik, juga sebagai apresiasi dan  untuk para HaiTeman (sebutan untuk fans dan penggemar dari Monita Tahalea).

 Rasvan Kikoo – Can We Talk?

Tahun 2021 sudah berjalan hingga bulan ke lima, dengan segala hingar bingarnya 2021, musisi-musisi dan band di Indonesia tidak meredupkan api produktivitasnya, meskipun dengan segala keterbatasan, namun tidak sedikit yang mengabarkan rilisan-rilisan baru yang segar, ini juga yang dikabarkan oleh Rasvan Kikoo unit pop duo asal Surabaya yang merilis musik video untuk single “Can We Talk?” melalui kanal YouTube Rasvan Kikoo. Tahun 2021 sepertinya jadi tahun yang sibuk bagi Rasvan Kikoo (Raski). Setelah memperkenalkan Kikoo sebagai vokalis baru. Tak lama berselang, mereka melempar debut single “Can We Talk?” pada Desember 2020 dan lanjut ke perjalanan Coffee Story Tour selama Maret hingga April 2021 lalu. dan kini mereka sudah meluncurkan musik video utuk singlenya “Can We Talk?”.

 

 

Teks: Rizky M Akbar

Visual: Arsip dari Berbagai Number

Merayakan Festival Industri Kreatif Tahunan Selama Tiga Pekan

M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan...

Keep Reading

Album Naif Bocor?!

Dan terjadi lagi.. Ya, terjadi lagi kabar yang cukup mengejutkan: album dibocorkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini datang dari unggahan instastory mantan drummer Naif, Pepeng, yang menuliskan...

Keep Reading

Teror Dari Tore Up

Memasuki 2022, satuan Violent/Chaotic Hardcore yang tergabung dalam Tore Up melepas peringatan dalam bentuk 2 track tergelapnya. Adalah “Drowning” dan “Nothingness” yang menjadi semacam perkenalan sekaligus awal perjalanan mereka mengarungi...

Keep Reading

Penanda 2 Dekade Berkarya; St.loco Rilis Nirmala

Lama tidak terdengar memberikan rima yang membuat kancah musik tanah air bergetar, St.loco akhirnya menghembuskan kabar baik. Telah banyak yang mereka gores ke dalam lembaran kertas, tentang perjalanan panjang, dan...

Keep Reading