Bulan Mei 2019 adalah bulan yang sesak. Kendati ini Ramadhan, tapi entah mengapa kok hidup tidak berjalan dengan lebih reflektif. Panggung politik begitu menyebalkan. Polarisasi kehidupan terasa dan lumayan membuat frustrasi sekaligus bingung menerka bagaimana hari depan kita akan berlangsung? Kata damai sampai dirasa perlu untuk dikampanyekan kencang-kencang. Duh! Mari kita dengar saja orang-orang ini bersuara. (*)

01. Over Distortion – Sambut Hari Esok

Sepakbola lokal sudah dimulai. Saat merayakannya sudah tiba. Over Distortion adalah band asal Sleman yang tentu saja punya dedikasi pada PSS Sleman yang musim ini kembali ke kasta tertinggi.

02. Beeswax – Reason

Band asal Malang ini, main-main dengan pendekatan musik yang baru. Ada suara string dan brass di salah satu dari dua lagu baru yang mereka rilis di threeway split bersama band Singapura dan Malaysia. Seru juga, tidak ketebak mereka mau main-main di wilayah musik yang ini.

03. INIS – Mermaid Song

Penyanyi solo yang sudah punya satu EP berjudul Mood Hacks. Tidak sabar untuk menuliskan profilnya dalam waktu dekat.

04. Hindia – Secukupnya

Single kedua Hindia. Dilengkapi dengan video klip yang punya konsep sangat kuat; cerita yang nyess, partisipatif dan eksekusi penggarapan yang bagus. Video yang entah kenapa, tidak bisa dikopi dan dimasukkan ke dalam artikel ini. Jadi, simak saja audionya di sini. Cari videonya di Youtube.

05. Rayhan Noor – House of Cards

Personil Glaskaca merilis single perdananya sebagai artis solo. Bisa dipantau kelanjutannya.

06. Irama Pantai Selatan – Pulang

Single terbaru dari Irama Pantai Selatan. Ini lebih syahdu ketimbang beberapa lagu sebelumnya. Benar-benar tentang pulang dan memelankan hidup.

07. Mondo Gascaro – Apatis

Diambil dari album soundtrack Kucumbu Tubuh Indahku. Ini cover version dari salah satu lagu paling penting yang membantu membangun definisi bagus tentang musik Indonesia di dekade 80-an. Entah kenapa Mondo Gascaro terdengar begitu cocok membawakan lagu ini kembali.

08. Polka Wars – Mandiri

Masukan sajalah, demi menyambut Bani Bumi, album penuh kedua Polka Wars yang sudah mulai dipasarkan secara terbatas. Menanti dengan sangat album penuh kedua ini.

09. Jason Ranti – Sekilas Info

Dari dalam senyap, Jason Ranti merilis Sekilas Info, album keduanya. Lagu berjudul sama dengan album ini, adalah track terbaik menurut saya. Sesuatu yang punya percampuran akan canda, ironi dan keberanian untuk bersuara. Oh, ini versi livenya, diambil dari rekaman orang ketika Jason Ranti main di Kongres Kebudayaan Indonesia 2018. Versi digital resminya, tidak ada.

10. Gascoigne – King

King diambil dari album baru Gascoigne yang masih dirilis oleh Anoa Records. Bolehlah didengar dan direkomendasikan ke orang.

https://youtu.be/DydcU_2m6Vs