2019 dimulai dengan banyaknya karya-karya baru. Ini menandakan energi banyak beredar luas tanpa bisa dipendam. Di daftar ini, adalah lagu-lagu yang ditemukan oleh editor Felix Dass sepanjang beberapa pekan belakangan. Ada yang tua, muda, matang, ranum dan orang lama. Tapi, intinya, mari memulai tahun yang baru ini dengan optimisme besar; bahwa musik kita berjalan maju ke depan menciptakan variasi yang semakin lebar.

Selamat mendengarkan!

01. Sattle – Centipede

Sattle sedang menyiapkan sebuah EP bersama Papaya Records. Lagu ini, dirilis oleh Capslock Tunes yang ada di kompilasi Seamless Pattern yang merupakan buah kerja bersama Norrm Radio dan Capslock.

02. Ultraviolence – Into a Bolder

Ultraviolence berasal dari Malang. Into a Bolder adalah single yang diambil dari album References yang dirilis pada 6 Januari 2019 yang lalu. Buat saya, ini salah satu contoh bagaimana tahun baru ini dimulai dengan baik. Ultraviolence harus diberi perhatian lebih.

03. Hecht – So We Walk Alone at Umeda Sky Buildings

Hecht berasal dari Surabaya. Musiknya tanpa vokal, mengandalkan presisi nada yang bersahut-sahutan. Masih belum menghasilkan karya penuh. Ya, sebaiknya ditunggu saja.

04. Hagai Batara feat. Dega Putra – Terang

Saya termasuk orang yang menemukan track ini karena Instastory Danilla Riyadi. Tapi, seharusnya memang begitu, kan? Bahwa musik yang bagus selalu perlu dibagikan ke orang yang lebih banyak?

05. Aurette and the Polska Seeking Carnival – Rinai Hujan

Konon katanya, ada banyak band bagus dari Jogjakarta yang siap kembali ke gelanggang di tahun ini. Rinai Hujan adalah salah satu single dari album baru Aurette and the Polska Seeking Carnaval yang berjudul Bloom. Cdnya belum tahu kapan dirilis. Tapi, sudah tersedia di sejumlah kanal musik digital langganan.

06. Niskala – Alana

Alana diambil dari album Hourglass yang baru saja dirilis oleh Niskala. Album ini merupakan muara dari proses empat tahun yang telah mereka jalani sebagai sebuah unit musik. Album ini dirilis oleh Trauma Irama Records, label yang juga merilis karya terbaru Melancholic Bitch beberapa waktu yang lalu.

07. Dhira Bongs – Jangan Tumbuh

Dhira Bongs dikabarkan akan bermain di SXSW Festival 2019. Kabar bagus, jadi, kita dengarkan saja musik yang membuatnya bisa pergi jauh.

08. Tony Q Rastafara feat. Joni Agung – Dance with the Waves

Hal baik tentang Tony Q yang sudah super senior adalah hasrat besarnya untuk terus berkarya. Lagu ini diambil dari album paling barunya, Gembira adalah Obat, yang dirilis pertengahan 2018 yang lalu. Dance with the Waves menampilkan kompatriotnya yang juga berstatus legenda, Joni Agung.

09. Jere Fundamental – Bar Bar

Ekspor hip hop made in Medan! Bukti paling baru betapa trengginasnya scene hip hop Indonesia yang makin punya banyak wajah dan super jauh dari status seragam. Lagu ini diambil dari EP berjudul sama yang baru saja dirilis.

10. The Cat Police – Sunny Day Is Over

Kebanggaan Tangerang yang makin ciamik dari hari ke hari. Cocok untuk menyudahi daftar ini sekaligus merayakan hidup yang jauh dari cerah karena sergapan hujan yang membabi buta.

 

Teks: Felix Dass