Murf. Berbicara Kesenjangan Generasi di Single Terbarunya

Apa yang terlintas di pikiran bila mendengar kata generation gap? Pastinya langsung terpikir ke sebuah perbedaan maksud antara generasi satu dengan yang lain perihal keyakinan maupun nilai-nilai. Biasanya ini terjadi antara yang tua dan muda. Disadari ataupun tidak, fenomena ini sangat sering terjadi di dalam kehidupan sehari-hari orang banyak. Yang paling dekat adalah dan sering kali kita temui adalah perbedaan pandangan makna kehidupan dari hubungan orang tua dan juga anak.

“No Future”, itulah dua kata yang kemudian dijadikan Murf. sebagai judul dari single terbarunya. Murf. yang adalah moniker dari Zata Mikail ini terakhir kali merilis sebuah single yang berjudul “Liberated” adalah di bulan Agustus 2019 silam. Lama tak terdengar, dirinya pun kembali lagi dengan sebuah karya kolaborasi. Kali ini, Panji Negoro yang diajak untuk berduet. Panji sendiri adalah seorang rapper sekaligus produser asal Jakarta Selatan yang tampil dengan moniker, Negoro.

 

 

Di dalam single kolaborasi ini, Murf. bersama Negoro mencoba untuk selalu mencoba keluar dari kotak yang dinamakan genre. Di “No Future”, nuansa hip-hop dan barisan rima berpuisi melebur dengan musik yang sedikit menyiratkan aura Gorillaz. “No Future” bercerita tentang kesenjangan dari generasi yang berbeda dan acap kali dirasakan oleh dirinya dan Panji. “No future, no culture,” kata Murf tentang persepsi orang tentang tidak adanya masa depan atas penerapan dari apa yang sedang ia lakukan.

“Tadinya sih gue pengen ini jadi rekaman rock, soalnya bassnya sudah dikasih fuzz sana sini, tapi begitu sample flute di intro gua masukin kok ya jadi berasa hip-hop banget, jadi langsung kepikiran buat ngajak Negoro nge-rap di lagu ini, ya hip-hop ala Murf. lah ya rada alternative gitu,” ujar Zata, sosok dibalik moniker Murf.

You hear me G? you can stop sh*tt*n’ on gen z, see around this aint bout who sees the sun first,” kata Negoro yang resah karena sering kali dianggap sebelah mata oleh ‘boomer’ dengan pandangan kolot mereka.

Single kolaborasi ini sendiri telah dirilis pada 29 Mei kemarin, dan akan menjadi rentetan single terakhir dari Murf. sebelum nantinya ia merilis mini album pertamanya dalam waktu dekat. Sambil menunggu, mari simak “No Future”.

 

 

Teks: Adjust Purwatama

Visual: Arsip dari Murf.

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading