Morgensoll Merilis Kembali Ngengat

Morgensoll merupakan project solo dari musisi asal Jakarta bernama Haecal Aliba Benarivo, yang mengusung genre Post-Metal dan Post-Rock. Mengangkat konsep musik instrumental sejak tahun 2016, Rivo dengan nama Morgensoll telah berhasil merilis 3 materi secara digital antara lain 2 single (Introvert dan Ngengat) serta juga 1 materi live (berisikan 3 track) yang diberi judul PROLOGUE.

Setelah bertemu Gabe Gabe Tapes (Label Kaset dari Jakarta), Morgensoll yang bekerjasama dengan kolektif asal Jakarta bernama Kamar Bising memutuskan untuk merilis ulang single Ngengat dalam format kaset.

Ngengat merupakan single kedua yang dirilis oleh Morgensoll bersama Kamar Bising, tepatnya September 2018 tahun lalu. Track panjang yang berdurasi 13 menit ini berisikan materi yang menggambarkan suasana perih, sedih, resah, pasrah dan mencekam, ditambah dengan vokal serta puisi gelap yang membahas tentang ulah para teroris pelaku aksi bom yang terjadi di Surabaya. Dalam tahap produksinya, lagu ini memakan waktu kurang lebih satu bulan.

Morgensoll mendapatkan bantuan dalam pengisian vokal dan penulisan lirik dari Edo Dias (Litong) yang merupakan vokalis dari band Godplant (Sludge Metal asal Jakarta) serta Kezia Alaia (penulis buku Bicara Besar) pada pembacaan puisi. Puisi yang dilantunkan oleh Kezia Alaia tersebut merupakan ungkapan geram terhadap teror bom yang terjadi di Surabaya tahun lalu.

Dalam puisi ini, Kezia menekankan bagaimana manusia tanpa daya pikir kritis telah membiarkan dirinya menjadi ngengat yang percaya bahwa kebahagiaan sejati dapat ditemukan di dalam api, sebuah kiasan untuk menggambarkan berbagai pemikiran, tindakan dan peristiwa yang melanggengkan dan melancarkan terror, seperti halnya serangga ngengat yang terpikat pada cahaya, padahal sering kali cahaya tersebut adalah api yang dapat membakar habis diri sang ngengat dan mematikannya secara literal maupun figuratif.

Kaset Ngengat ini dirilis pada 24 Agustus 2019 yang lalu dan tersedia dalam kuantitas terbatas, yaitu hanya 40pcs dengan desain cover baru ciptaan Almer Rashad. Perilisan ulang ini merupakan perkenalan yang ditujukan untuk teman-teman lama maupun baru yang belum mengenal Morgensoll.

Saat ini Morgensoll sedang dalam tahap penggarapan single bertajuk Sense Of Belonging yang juga akan divisualkan dalam bentuk video klip dan merupakan awal untuk perkenalan album penuh yang direncanakan akan dirilis tahun depan.

kunjungi Instagram Morgensoll, Kamar Bising, dan Gabe Gabe Tapes untuk informasi lebih lanjut terkait kaset single Ngengat.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Morgensoll

 

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading