Momentum Pertemuan di Karya Perdana Samanta

Lewat sebuah karya, seringkali si pencipta dibawa ke dalam banyak pertemuan. Lebih dari itu, karya bisa dijadikan sebagai medium untuk berjejaring dan untuk terus bereksplorasi. Seperti yang di alami oleh kuartet post-rock pendatang baru asal Jakarta, Samanta, yang baru-baru ini telah melepas karya perdananya bertajuk “Naradira” yang dirilis di bawah naungan Angular//Momentum.

“Naradira” yang menurut Samanta bercerita tentang sebuah pertemuan ini didapuk sebagai single perdana untuk langkah awal mereka memasuki belantara industri musik.

Menurut sang gitaris Aloysius nomor pedananya ini telah membawa Samanta ke banyak pertemuan, termasuk mempertemukannya dengan Angular//Momentum, sebuah record label yang memfokuskan diri pada musik-musik ambient dan post-trock.

“Lagu ini yang membuka pertemuan gue ke banyak hal, contoh approach ke angular momentum, mempertemukan gue dengan orang orang hebat (personil) dan juga mempertemukan gue dengan eksplorasi musik yang baru, dan juga mempertemukan gue dengan Nissa yang mengisi strings sections untuk lagu ini.” Ungkap Aloysius melalui keterangan pers.

                 Baca juga: Rangkuman Emosional In Inertia

Mulanya Samanta hanyalah sebuah project personal dari Aloysius. Seiring berjalannya waktu kemudian Aloysius bertemu dengan Jay dan merangkul beberapa temannya untuk ikut membentuk sebuah format grup yang solid. Samanta sendiri kini dihuni oleh Aloysius Nitia (gitar, sampler), Jay Nasution (gitar) , Ruben Aditya (gitar), dan Efraim Tirto (drum).

Memiliki trah musik instrumental tentu ada beberapa grup band terdahulu yang mempengaruhi mereka, diantaranya; Caspian, MONO, Sigur Ros, dan Explosions In The Sky.

Sementara untukk nama Samanta sendiri diambil dari Romanian words yang berarti “seeds” atau benih , mereka berharap band mereka bisa tumbuh subur seperti benih yang terawat.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari S?mân??

Penanda 17 Tahun GBS Berkarir

Gugun Blues Shelter kembali merilis single kedua setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2022 mereka merilis single Jingga. Kali ini, trio Gugun, Bowie & Fajar melepas Down & Dirty seperti yang...

Keep Reading

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading