Momentum Pertemuan di Karya Perdana Samanta

Lewat sebuah karya, seringkali si pencipta dibawa ke dalam banyak pertemuan. Lebih dari itu, karya bisa dijadikan sebagai medium untuk berjejaring dan untuk terus bereksplorasi. Seperti yang di alami oleh kuartet post-rock pendatang baru asal Jakarta, Samanta, yang baru-baru ini telah melepas karya perdananya bertajuk “Naradira” yang dirilis di bawah naungan Angular//Momentum.

“Naradira” yang menurut Samanta bercerita tentang sebuah pertemuan ini didapuk sebagai single perdana untuk langkah awal mereka memasuki belantara industri musik.

Menurut sang gitaris Aloysius nomor pedananya ini telah membawa Samanta ke banyak pertemuan, termasuk mempertemukannya dengan Angular//Momentum, sebuah record label yang memfokuskan diri pada musik-musik ambient dan post-trock.

“Lagu ini yang membuka pertemuan gue ke banyak hal, contoh approach ke angular momentum, mempertemukan gue dengan orang orang hebat (personil) dan juga mempertemukan gue dengan eksplorasi musik yang baru, dan juga mempertemukan gue dengan Nissa yang mengisi strings sections untuk lagu ini.” Ungkap Aloysius melalui keterangan pers.

                 Baca juga: Rangkuman Emosional In Inertia

Mulanya Samanta hanyalah sebuah project personal dari Aloysius. Seiring berjalannya waktu kemudian Aloysius bertemu dengan Jay dan merangkul beberapa temannya untuk ikut membentuk sebuah format grup yang solid. Samanta sendiri kini dihuni oleh Aloysius Nitia (gitar, sampler), Jay Nasution (gitar) , Ruben Aditya (gitar), dan Efraim Tirto (drum).

Memiliki trah musik instrumental tentu ada beberapa grup band terdahulu yang mempengaruhi mereka, diantaranya; Caspian, MONO, Sigur Ros, dan Explosions In The Sky.

Sementara untukk nama Samanta sendiri diambil dari Romanian words yang berarti “seeds” atau benih , mereka berharap band mereka bisa tumbuh subur seperti benih yang terawat.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari S?mân??

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading