Tentang Momen dan Perasaan Zizi di Album Mini Perdananya

2022 agaknya merupakan momentum yang baik bagi solis perempuan berdarah Padang bernama Zizi. Setelah sebelumnya melepas nomor pembuka “Sweet Little Misery”, sesuai dengan janjinya, di sekitar akhir Februari lalu (25/02) akhirnya Zizi melepas album mini perdananya bertajuk Unelevated. Menurut Zizi, Unelevated merupakan album mini perdana yang telah lama ia siapkan dan nantikan.

Setidaknya ada 6 nomor lagu yang Zizi sajikan dalam album ini, termasuk 3 lagu yang sebelumnya sempat dirilis; “Company, “Loveless Touch”, “Sweet Little Misery”. Untuk melengkapi album perdananya ini ia pun menyiapkan 3 materi lagu segar yang belum dirilis, di antaranya “Cloudy Water”, “Hundred Million Pieces”, serta “Downfall”.

Secara garis besar tema yang diangkat Zizi dalam album ini ialah kondisi rock bottom, dimana seseorang merasa di titik terendah yang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal entah itu ketidakhadiran cinta, kehilangan jati diri atau apapun itu.

“Setiap track merupakan skenario tersendiri tentang hal yang membawa seseorang jatuh ke titik terendahnya.” Tulis dalam keterangan pers.

Secara musikalitas, setiap lagu yang disajikan Zizi begitu terdengar sendu dengan iringan musik yang sederhana. Seperti menonton sebuah pertunjukan, semua lampu tersorot kepada Zizi. Sepertinya setiap momen yang ia rangkum dan nyanyikan dalam Unelevated adalah memori dan kisah lainnya yang begitu dekat dengan dirinya sendiri.

Salah satu memori-memori personal itu barangkali bisa kita simak dalam penggalan lirik di nomor “Loveless Touch”; Every part of you that I adore / Is a long way lost history of a midnight summer dream / When will we realize / That we could never heal even if we try?

Ya, lewat lagu-lagu yang terangkum di Unelevated sepertinya Zizi sedang mengajak kita semua untuk melihat kembali setiap momen, perasaan, dan cerita dengan sudut pandang berbeda.

Di wilayah proses, album mini Unelevated sendiri sudah dikerjakan sejak tahun 2020 lalu. Bekerja sama dengan beberapa musisi di tempat tinggalnya, Bandung, Zizi bisa merampungkan karya-karyanya. Secara mandiri ia pun berperan sebagai penulis lagu sekaligus produser untuk album ini. Sedangkan untuk proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Hadiyan Fazari Amrullah dan wilayah artwork album dipercayakan kepada Laeticia Viorentine.

Kini album mini Unelevated sudah bisa kalian nikmati di berbagai kanal pemutar musik digital.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Zizi

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading