Modernheads Coba Bangkitkan Garage Rock Lewat EP, 'LO/HI'

Revivalis garage rock asal Surabaya, Modernheads, merilis sebuah album mini bertajuk LO/HI. EP berisi lima trek tersebut dibumbui vokal serak khas Julian Casablancas, bunyi gitar offset yang digenjreng down stroke khas Albert Hammond Jr., solo gitar semirock klasik ala Nick Valensi, dan beberapa unsur lain yang kalau disimpulkan akan menjadi The Strokes yang kebetulan album debutnya baru saja berulang tahun yang ke-20.

Ambil contoh nomor pembuka “Self Comfy-Dance” saja. Pendengar mungkin akan bertanya-tanya “b-side The Strokes mana lagi ini”. Nuansa “Barely Legal” bercampur “Soma” dan beberapa trek postpunk-ish Julian CS seperti “Hard to Explain” tercampur di lagu tersebut.

Semua unsur yang dibahas di paragraf sebelumnya merupakan hal yang diakui oleh kuintet asal Kota Pahlawan ini. Mereka dengan peracaya dirinya mengakui bahwa inspirasi mereka memang pentolan garage rock/post punk revival asal New York tersebut.

“Dari segi musik, Modernheads tidak mengelak jika disebut terinspirasi grup rock asal kota New York, The Strokes, serta band turunannya seperti Albert Hammond Jr., Television, Arctic Monkeys, Iggy Pop, Franz Ferdinand dan masih banyak lagi,” tulis mereka dalam siar pers.

Di kala musik rock apa lagi garage tak jelas arahnya ini (khususnya di tangga lagu umum), Erwin (vokal), Glaop (gitar), Prass (gitar), Aswin (bas), dan Ardi (drum) berani memainkan musik jenis itu secara plek-plekan. Apa lagi, mereka mengakui bahwa di daerah asal mereka, musik macam ini adalah hal yang jarang. Jadi, mereka cukup nekat untuk merilis karya semacam LO/HI.

“Sepanjang sepengatahuan penulis, tidak ada jejak tersisa dari band garage rock revivalist/indie rock 2000s di Jawa Timur. Tanah ini rupanya bukan lahan subur bagi genre ini untuk tumbuh. Segar dan nekat adalah dua kata yang pantas diucapkan setelah mendengar Modernheads, mengingat tak ada kolega dengan genre serupa di sini,” tutup siar pers yang mereka kirimkan.

Sebelumnya, nomor penutup dari LO/HI,Modern Art Junk“, telah dirilis bersamaan dengan klip videonya September tahun lalu.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Modernheads

Tentang Syukur dan Hidup yang Tak Tertebak di Lagu Terbaru Alahad

Beranjak menjadi solis, Alahad, moniker dari Billy Saleh yang sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari band rock-alternative Polka Wars akhirnya kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini ia melepas sebuah nomor tunggal teranyar...

Keep Reading

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading