Mocca Rilis Kembali Videoklip Bareng Rekti Yoewono

Akhir tahun ini sepertinya banyak hal istimewa yang ditawarkan oleh Mocca ya. Masih ingat dong dengan single kolaborasi mereka bersama pentolan The SIGIT dan Mooner? Siapa lagi kalau bukan Rekti Yoewono. Melalui single “There’s A Light At The End Of The Tunnel” yang dirilis tanggal 9 Oktober 2020, kedua sosok ini menampilkan videoklip yang sangat menyenangkan dan juga lucu. Seperti sebuah tradisi, Mocca setiap akan merilis album pasti sering mengajak teman-teman terdekat untuk turut serta mengerjakan sesuatu hal, dan sosok Rekti lah yang dipilih untuk single tersebut. Menurut Mocca sendiri alasan Rekti dipilih karena dirinya sangat cocok untuk lagu ini, dan juga Mocca serta Rekti sudah berteman dari waktu yang cukup lama.

Selain bernyanyi di single ini, Rekti juga turut andil berperan sebagai co-producer. Banyak proses yang keluar dari kebiasaan Mocca ketika membuat lagu tersebut, vokalis Arina Ephipania pun ditantang bermain gitar saat tampil dalam format live. Semuanya menjadi sesuatu yang segar untuk menambah katalog musik Mocca. Nah, sebenarnya videoklip “There’s A Light At The End Of The Tunnel” sudah sempat ditayangkan namun dalam jangka waktu yang terbatas pada bulan Oktober 2020 di situs web Pophariini. Videoklip unik ini sendiri adalah hasil garapan dari Studio Kreatif Toma & Kako, dan disutradarai oleh Dian Tamara. Bentuk visual dari “There’s A Light At The End Of The Tunnel” pun dihadirkan dengan nuansa pop vintage yang tentu saja sangat ceria dan penuh hal menyenangkan. dengan sentuhan yang unik, video klip ini mempunyai cerita tersendiri di balik keceriaannya.

“Kefanaan dari yang maya menjauhkan kita dari kekuatan diri yang sesungguhnya, mungkin itu yang kurasakan saat membayangkan bagaimana video klip ini mau divisualkan, di tengah riuh kepala yang gak berhenti mikirin dari isu sosial politik sampai psikologi banyak orang di luar sana, di tengah kondisi seperti ini.” Kata Tamara.

Video ini mempunyai banyak kejutan, di kala PSBB kita tidak bisa berkegiatan atau bahkan melakukan shooting. Keterbatasan membawa Tamara kedalam penelusuran ide-ide minimalis yang dapat membumbui visual, dengan mengkolaborasikan illustrasi serta animasi dengan video untuk membangun dunia yang ingin dibentuk dalam video klip ini, yang diperankan langsung oleh Mocca dan Rekti Yoewono dalam balutan nuansa vintage.

Nah, setelah videoklip ini pertama kali rilis di Oktober, dua bulan setelahnya, yaitu di November, Mocca secara resmi merilis album keenam yang bertepatan dengan hari ulang tahun mereka yang ke-21 tahun. Album tersebut diberi judul “Day By Day”, dan berisikan 9 lagu yang padat dengan eksplorasi, terlebih di masa pandemi seperti sekarang yang sudah pasti mereka banyak menemukan pengalaman baru. Semisal pengerjaan album di masa masih berlakunya jarak sosial, di mana mereka melakukan sesi rekaman di rumahnya masing-masing seperti pada lagu “Everything Is Gonna Be Fine”.

Melalui albumnya ini, kuartet pop yang solid diisi oleh Arina Ephipania (vokal, ukulele), Riko Prayitno (gitar, bas, vokal latar), Toma Pratama (bas, vokal latar) dan Indra Massad (drum, vokal latar) ini menawarkan harapan dan optimisme yang sangat dibutuhkan di masa-masa penuh cobaan seperti sekarang. Mocca juga berharap album ini dapat menjaring pendengar baru, sambil memperluas pendengar di luar negeri. Salah satu upaya untuk mewujudkan harapannya tersebut, dikabarkan Mocca telah menyiapkan “All the Way” versi bahasa Jepang dan secara eksklusif akan beredar dalam format digital di Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Mocca

Scaller Meneruskan Perjalanan Dalam "Noises & Clarity"

Album yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dirilis. Adalah “Noises & Clarity” yang merupakan album studio kedua Scaller yang dirilis melalui Golden Robot Records & Archangel Records (23/09). Album ini diproduksi sendiri...

Keep Reading

Merayakan Festival Industri Kreatif Tahunan Selama Tiga Pekan

M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan...

Keep Reading

Album Naif Bocor?!

Dan terjadi lagi.. Ya, terjadi lagi kabar yang cukup mengejutkan: album dibocorkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini datang dari unggahan instastory mantan drummer Naif, Pepeng, yang menuliskan...

Keep Reading

Teror Dari Tore Up

Memasuki 2022, satuan Violent/Chaotic Hardcore yang tergabung dalam Tore Up melepas peringatan dalam bentuk 2 track tergelapnya. Adalah “Drowning” dan “Nothingness” yang menjadi semacam perkenalan sekaligus awal perjalanan mereka mengarungi...

Keep Reading