Sejak dibentuk pada September 2017 silam, Milisifilem terus-menerus bekerja dan berkarya atas apa yang mereka percayai. Ide dasar Milisifilem terbentuk adalah bagaimana cara mendalami praktik produksi visual dalam konteks teknis serta hal-hal yang berkaitan erat dengan sosial budaya saat ini.

Di awal tahun ini Milisifilem menggelar sebuah pameran bertajuk Fiksimilisi. Isinya adalah hasil karya dari tiga angkatan yang pernah dan baru saja melakukan studi di dalamnya. Pameran ini sendiri berisi visual dari 23 partisipan yang berisi visual hasil dari kerja praktik yang dijalankan selama masa studi.

Dalam prosesnya sendiri Milisifilem selalu mengajarkan tentang dasar pengolahan visual dari sebuah pengkaryaan. Hasil pameran ini sendiri selalu berfokus pada satu tema yang sangat spesifik, contohnya dari hasil diskusi kelas yang membahas soal film dan melihat dari sudut pandang konteks cerita, visual dan sosial-kultural.

Lalu di sisi lainnya karya yang ada juga memvisualisasikan beberapa hal yang didapat dari perjalanan ke beberapa lokasi seperti pelabuhan, kebun binatang dan banyak lainnya. Tujuannya untuk menghadirkan konsep bagaimana kehadiran si pengkarya ini di ruang publik yang menjadi sebuah negosiasi langsung dengan keadaan yang tak bisa ditebak di dalam keseharian.

Pameran ini sendiri sedang berjalan yang dimulai dari tanggal 15 hingga 30 Maret mendatang yang bertempat di Orbital Dago, Bandung. (*)

Teks dan foto: Adjust Purwatama