“Midnight Conscious” EP Terbaru dari RAYROCC

RAYROCC, seorang rapper asal Indonesia yang baru saya pulang dari perantauannya di Los Angeles, Amerika Serikat langsung saja dengan lugas menceritakan kisah hidupnya secara jujur, dan dengan kemarahan. Dengan segudang cerita yang sudah dialamaninya selama di Los Angeles, Amerika Serikat cukup untuk mematiknya untuk menciptakan sebuah karya dan lagu-lagunya serupa otobiografik. Dan apa yang ingin disampaikan oleh RAYROCC melalui karya lagu yang dia tulis cukup terlegitimasi secara nyata, dan bukan hanya sekedar bualan semata. Yang akhirnya melahirkan sebuah EP yang bertajuk “Midnight Conscious”

ROYROCC

Rangkuman cerita-cerita dan kemarahan selama RAYROCC tinggal dan menetap di Los Angeles, Amerika Serikat inilah yang akhirnya menjadi garis besar dan tema utama yang dihadirkan dalam EP “Midnight Conscious” oleh RAYROCC.

Cerisa yang bersifat personal yang dialaminya mulai dari diskriminasi ras Asia, yang membuatnya sering diincar oleh petugas LAPD, terjebak di tengah-tengah perang gangster, berkawan engan preman ‘ghetto’, hingga hadir ke pesta-pesta underground yang menularkan perilaku berandalan hadir dalam daftar nomor dalam album “Midnight Conscious”.

“Orang-orang yang dengerin album ini akan mendapatkan great mix, great music, and… true storytelling.” Ungkap RAYROCC melalui rilisan persnya.

Identitas RAYROCC sendiri terbentuk dari kerasnya lingkungan jalanan kawasan West Coast Hip hop. Swaggy, tragedy dan juga depresi yang juga menjadi dorongan untuk lahirnya EP keduanya ini setelah sebelumnya melahirkan “Before It Was Weird (Compound World, 2019).

Lagu-lagu yang ditulis oleh RAYROCC ditulis secara spontan, dan direspon oleh seorang komposer solo, dan dikerjakan secara sendiri. Dari arasemen beat, dinamika rima, gaya repetan, hingga mixing dan mastering. “Buat gue bikin musik itu kayak, ‘as clear as day, and sometimes as dark as night. Tergantung mood saat itu. Contohnya lagu Intro, yang selesai cuma dalam waktu 10 menit,” kata RAYROCC.

Meskipun EP “Midnight Conscious” ini berisi tentang kemarahan dan rangkuman dari hari-hari terburuknya, RAYROCC mengaku hari-hari terburuknya sudah mampu dilewati. Ia tidak akan menuliskan hal yang sama lagi di album berikutnya. “Gue nggak mau bicara tentang kematian. Gue mau bicara tentang kehidupan. Makanya, kalau elo sedang berada di titik terendah dalam hidup, coba dengarkan album ini. Karena kalau gue bisa melewati saat-saat terberat seperti kemarin, kalian juga pasti bisa,” tutupnya.

Dan kini EP “Midnight Conscious” sudah dapat didengarkan diberbagai platform musik digital,

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari ROYROCC

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading