Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered)¬†(13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.

Bermula dari master rekaman yang tidak dimiliki, kuartet ini mulai menerbitkan kembali arsip lagu-lagunya. FYI, proyek ini akan bermuara pada perilisan album yang diberi tajuk The Best yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Direkam ulang, Metal Kecil (Remastered) kini diisi oleh formasi terbaru Powerslaves. Selain Heydi Ibrahim pada vokal, tentunya juga ada Anwar Fatahillah (bass), Wiwiex Soedarno (kibor) dan Agung Yudha (drum). Untuk departemen gitar, diisi oleh musisi additional, Adien KS.

Jika mendengarkan lebih detail, ada perubahan yang terjadi. Ya, Metal Kecil (Remastered) mengalami sedikit perombakan. Beberapa part ditambahkan sebelum coda, kemudian

Dari sisi aransemen, “Metal Kecil (Remastered)” mengalami sedikit perombakan. Ada pada bagian akhir lagu juga setiap personel diberi kebebasan untuk meluapkan kreasinya seperti saat membawakan di atas panggung nantinya.

Dari musik dan aransemen lebih rock karena masing-masing personel mengisi instrumen dengan lebih lepas seperti saat dibawakan live,” kata Anwar Fatahillah.

Selain itu, sang bassis mengungkapkan, treatment pada proses mixing dan mastering-nya juga membuat lagu ini terdengar makin klimaks. Apalagi, ada tambahan juga pada part vokal dan drum.

Vokal ada beberapa isian backing yang lebih menarik, terus drum juga lebih lepas. Ada beberapa bagian pengulangan reff terakhir dan Agung pakai double pedal,” lanjut Anwar Fatahillah.

Divisi kibor, Wiwiek Soedarno pun diberi kebebasan untuk melakukan eksplorasi suara dan juga notasi. Bukan tanpa alasan. Rekaman di studio sendiri lebih leluasa karena tidak terikat batasan waktu dan bisa bolak-balik merevisi sendiri sampai merasa pas dengan kebutuhan lagu.

Ya, seperti kata Anwar. Konsepnya lebih live. Dalam versi asli kan ending-nya fade out ya. Nah, yang sekarang ini lebih Panjang, banyak improvisasi layaknya live perform dan coda-nya kami buat jreng abis,” Wiwiex Soedarno menuturkan.

Perlu diketahui, Metal Kecil merupakan trek titel album debut Powerslaves yang berjudul sama rilisan tahun 1994. Album ini bukan cuma penegas eksistensi band ini, melainkan juga pengejawantahan makna rock and roll sesungguhnya.

Dari sisi musik, persekutuan antara Andry Muhammad (gitar), Anwar Fatahillah (bass), Wiwiex Soedarno (kibor) dan Vidi Widi (drum) begitu melebur di sekujur album lewat musikalitas natural mereka.

Editor : Brandon Hilton
Visual : Arsip Dari Powerslaves

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading