Meroket Dengan 'Roda Gila'

Akhirnya, setelah berseliweran kabar di media sosial ihwal perilisan materi lagu terbarunya, kini trio rock asal Jakarta, Kelompok Penerbang Roket, sudah resmi meluncurkan lagu tunggal teranyarnya bertajuk “Roda Gila” pada Jum’at (27/11) kemarin. Lagu ini juga digadang-gadang sebagai salah satu nomor untuk mini album terbaru mereka yang kini tengah dipersiapkan.

Lagu dengan lirik yang diciptakan oleh Rey dan musiknya digarap oleh John ini bercerita tentang kehidupan yang berjalan seperti roda berputar, kadang di atas kadang di bawah. Untuk musiknya, band yang sudah merilis album penuh ‘Teriakan Bocah’, ‘Haai’, dan album mini ‘Galaksi Palapa’ ini terpengaruh dari lagu rock era ‘70-an dan kemudian disuntikkan rasa rock ‘80-an.

“Tapi ini rodanya gila, bukan seperti roda biasa. Kenapa rodanya gila? Karena ini lagunya Kelompok Penerbang Roket,” ucap Rey.

Dalam lagu ini, tak tanggung-tanggung, kelompok yang dihuni oleh Viki Vikranta (drum), Rey Marshal (gitar), dan John Paul Patton (bass) ini melakukan proses mastering lagu di luar negeri, tepatnya di studio rekaman legendaris Abbey Road, London, Inggris. Tentu  ini adalah suatu hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Viki menuturkan, alasannya melakukan mastering di studio kenamaan itu karena ia merasa musik Kelompok Penerbang Roket selalu berkembang dalam segala sisi, mulai dari produksi, komposisi sampai penulisan lagu. Sehingga materi yang dihadirkan pun mesti sepadan juga didukung dengan kualitas sound yang bagus. Sedangkan masteringnya sendiri dikerjakan oleh Sean Magee, sosok yang juga pernah bekerja sama dengan Deep, Purle, John Lennon, Ramones, The Sex Pistols dan Public Image Limited.

“Akhirnya gue memilih Abbey Road Studio untuk mastering ‘Roda Gila’. Karena gue nggak mau nanggung aja sih sebenernya, gue mau Kelompok Penerbang Roket jadi patokan ‘top notch’ untuk sound rock indonesia generasi ini,” ungkap Viki.

Selain tersedia dalam format audio, “Roda Gila” pun dirilis ke dalam format video dan sudah bisa kalian saksikan di akun  YouTube milik Berita Angkasa. Video musik yang disutradarai oleh Aditya Muhara tersebut bercerita tentang tiga pemuda –siapa lagi kalau bukan Rey, John dan Viki- yang dikejar-kejar oleh pihak berwajib karena kerap membuat onar di Jakarta. Selain ketiga personel dan aparat, dalam video musik tersebut juga menampilkan Iga Massardi, Kallula, Bam Mastro dari Elephant Kind, hingga fotografer Rendha Rais sebagai cameo.

Sebelumnya, pada Februari 2020 lalu, Kelompok Penerbang Roket merilis single berjudul “Dikejar Setan”. Lagu ini terinspirasi dari pengalaman masa kecil para personel yang menceritakan bahwa mereka kerap ditakuti-takuti oleh orang tua jika bermain hingga larut malam akan dikejar oleh setan-setan. Sedangkan untuk mini album teranyarnya yang kini sedang mereka siapkan masih sedikit informasi yang bisa didapat. Setelah mendengar “Roda Gila” sepertinya cukup layak ya untuk dinantikan..

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Berita Angkasa

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading