Mereguk Anti Depresan Lagi bersama The Jansen

Usai merilis nomor “Dua Bilah Mata Pedang” dan “Sore di Kebun Raya” di permulaan tahun 2022 ini, The Jansen, trio punk rock dari kota hujan Bogor kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini grup yang sudah memiliki dua album itu melepas nomor bertitel “Mereguk Anti Depresan Lagi”.

Selain menjadi salah satu pilihan utama dalam ajang Jameson Connects Indonesia 2022, nomor ini juga merupakan rangkaian The Jansen menuju album ketiga Banal Semakin Binal yang rencananya akan dilepas dalam waktu dekat ini melalui label demajors.

Menurut keterangan yang diterima, “Mereguk Anti Depresan Lagi” merupakan isyarat perkembangan musikal The Jansen di album barunya nanti, dari punk rock bergaya klasik yang agresif menuju karya pop bertenaga bertempo sedang yang melodius. Semua tanpa meninggalkan akar ekspresi musik mereka yang membentang dari The Beatles hingga Ramones.

Tema lagu diinspirasi oleh berbagai kisah keseharian era modern dengan segala drama kehidupannya, yang dengan nyaman dituliskan dalam Bahasa Indonesia oleh Adji Pamungkas, pemain bas dan pembuat lirik utama The Jansen.

“Liriknya merupakan kolase berbagai kejadian masa lalu, kemudian bercampur dengan perasaan-perasaan yang dirasakan selama perjalanan kehidupan. Menjadi sekumpulan kata yang tidak berarti secara spesifik, diharapkan justru memberi ruang kepada pendengar untuk menafsir, untuk menjadi berarti sebagai miliknya sendiri,” jelas Adji.

Lirik dari Adji kemudian diterjemahkan menjadi rangkaian melodi oleh saudara kandungnya, Cintarama Bani Satria alias Tata, yang juga merupakan vokalis dan gitaris The Jansen.

“Lirik-lirik yang diberikan Adji ternyata menuntun saya jadi lebih melodius. Aduy pun menimpalinya dengan permainan drums yang lebih variatif. Hasilnya berbeda dengan lagu-lagu The Jansen sebelumnya,” jelas Tata.

Rekaman singel dan juga materi lain pengisi bakal album dilakukan di studio yang kini bisa dianggap sebagai dapur kreasi utama untuk kancah musik independen kota Bogor, Bens & Co. Studio. Dengan sosok Deni Noviandi bertanggung jawab terhadap produksinya.

“Kami sudah lama ingin bekerja sama dengan Deni, akhirnya kesampaian. Deni paham sekali estetika yang ingin kami capai. Sebelumnya dia banyak membantu musisi Bogor lain, seperti Swellow, Texpack dan Rrag,” tutur Adji.

Sahabat mereka, Zeinita, pun diajak untuk mengisi vokal latar guna menambah suasana bittersweet yang terbangun di singel. Artwork singel menampilkan karya perupa Mufti Priyanka alias Amenkcoy yang begitu khas gaya pengekspresiannya.

“Ini lagu cocok banget dengan karya-karyanya Amenkcoy. Tadinya kami berpikiran bikin commissioned artwork untuk lagu itu hanya buat grafis di kaos, tetapi karena lagunya jadi singel akhirnya jadi sampul rilisan,” cerita Adji.

Selain dirilis dalam format audio, nomor “Mereguk Anti Depresan Lagi”, juga dikemas ke dalam video musik yang bekerjasama dengan kolektif video muda berbakat bernama Gerombolan Struzzo, dengan sutradara Yustinus Kristianto. Selain para personil The Jansen, video itu juga menampilkan berbagai cameo dari rekan-rekan sejawat The Jansen seperti Abyanza Nabilio (The Panturas), Adipati (The Kuda), Andresa Ridha Nugraha (The Battlebeats), Muhammad Fardian Hakim (CJ1000), Prabu Pramayougha (Saturday Night Karaoke), dan Imanbonyok (Breh and The Bangsat).

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari demajors

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading