Merchandise Bernie Sanders Untuk Membantu Kru Musik

Setelah pelantikan Joe Biden menjadi presiden Amerika Serikat yang ke 46, seketika lini media sosial pun ramai. Namun bukan sosok Joe Bidan yang ramai diperbincangkan, tetapi malah Bernie Sanders, rekannya di partai Demokrat. Meme yang menampilkan Bernie Sanders sedang duduk di sebuah kursi sambil mengenakan jaket tebal dan sarung tangan, dengan tatapan tajam dan posisi duduk yang terlihat sangat rileks, seketika foto sang senator Vermont itu pun menjadi viral.

Baru-baru ini sebuah media musik dan budaya bernama Consequence of Sound (CoS) telah merilis sebuah merchandise yang mengadaptasi visual Bernie Sanders yang sampai saat ini masih ramai diperbincangkan itu. Nantinya sebagian dari hasil penjualan merchandise akan disumbangkan ke Crew Nation, sebuah kolektif yang mengupayakan bantuan kepada para anggota kru di industri musik live yang terdampak pandemi COVID-19. Dikabarkan pembuatan merchandise tersebut terinspirasi dari para penjaga stand merchandise yang biasanya selalu ada dalam setiap gelaran konser.

“Begitu kami melihat seorang Vermonter yang kedinginan dengan tangan bersilang, tatapan compang-camping tapi tegas terpampang di wajahnya, kenangan konser masa lalu langsung datang. Khususnya pertemuan kami dengan orang-orang stand merchandise, pahlawan tanpa tanda jasa dari setiap musik live yang megah” tulis CoS.

Pandemi yang sudah terjadi sejak tahun lalu membuat keadaan  dari hari ke hari semakin sulit. Segala sektor mengalami penurunan drastis, entah itu secara  pendapatan maupun secara produktivitas. Salah satu yang terimbas besar-besaran karena badai  penyakit bernama Covid-19 ini tentu adalah sektor hiburan, khususnya bisnis pertunjukan musik. Sampai saat ini masih banyak kru musik yang masih terpuruk akibat kondisi ini di mana mereka masih belum bisa bekerja sepenuhnya. Merchandise yang diberi tajuk “Bernie The Merch Man” ini pun merupakan sebuah penghormatan bagi mereka para kru musik –terutama para penjaga penjual merchandise- atas jasa-jasanya selama ini.

“Untuk membantu dan mendukung merch slinger dan anggota kru tur lainnya, 50% dari hasil bersih akan disumbangkan ke Crew Nation , yang memberikan bantuan kepada anggota kru industri musik live yang terkena dampak COVID-19”

Sedangkan untuk ilustrasinya sendiri dibuat oleh Steve Fiche dan dicetak pada t-shirt biru tua dalam jumlah yang terbatas. Dalam ilustrasi tersebut terlihat gambar Bernie sedang duduk menjaga berbagai merchandise yang siap didagangkan, termasuk totebag dan t-shirt berikut terpampang dengan jelas sebuah poster bertuliskan “Protect Live Music”.

Protect Live Music sendiri merupakan program amal yang digagas oleh CoS dalam upayanya membantu para anggota kru yang bekerja di industri musik. Merchandise “Bernie The Merch Man” adalah seri ketiga dari katalognya. Untuk melihat koleksinya yang lain kalian bisa melihatnya di sini. Sedangkan Crew Nation merupakan badan amal yang mengorganisir pelbagai sumbangan yang nantinya disalurkan kepada para pekerja industri musik yang terdampak pandemi Covid-19. Kolektif ini adalah juga bagian dari Live Nation yang sama-sama bergerak untuk menanggulangi krisis yang terjadi di industri musik secara global.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Consequence of Sound

Tentang Syukur dan Hidup yang Tak Tertebak di Lagu Terbaru Alahad

Beranjak menjadi solis, Alahad, moniker dari Billy Saleh yang sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari band rock-alternative Polka Wars akhirnya kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini ia melepas sebuah nomor tunggal teranyar...

Keep Reading

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading