Merayakan Hari Jadi Pontianak Bersama Sun of Music Festival

Kancah musik Pontianak, Kalimantan Barat, memang cukup bisa diperhitungkan. Siasat Partikelir sudah sering sekali menemukan musisi-musisi potensial dari bilangan barat Borneo tersebut. Salah satu yang akan menjadi bukti bahwa ekosistem di sana sedang berjalan dengan baik adalah Sun of Music Festival.

Festival tersebut akan dilanggengkan dalam waktu dekat sembari memeringati hari jadi kota tersebut. Pontianak ditemukan pada 23 Oktober dan tahun ini kota tersebut berusia 250 tahun. Salah satu kolektif yang aktif membangun ekosistem di sana, Parklife People berhasil bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) setempat untuk menyelenggarakan pagelaran ini.

Beberapa nama ditunjuk untuk meramaikan Sun of Music Festival, beberapa bahkan sudah tertangkap radar Siasat Partikelir sebelumnya. Vievv, Puck Mude, Take It Easy, Tiberias, dan Berizik merupakan beberapa yang akan hadir. Sun of Music juga akan menampilkan kolaborasi antarmusisi seperti menyatukan penampilan Wai Rejected dan Manjakani serta Parsley bersama Abe Idrus. Selain itu, akan ada penampilan spesial tamu dari negeri tetangga, Rawi, kelompok asal Kuching, Malaysia.

Sempat tertunda selama dua tahun, acara yang sudah dirancang sejak 2019 ini akhirnya bisa digelar pada tahun ini. Pada pagelaran pertamanya, event ini berkonsep virtual. Sun Of Music Festival diharapkan menjadi salah satu festival musik besar di Kalimantan Barat, yang selalu kontinu setiap tahunnya diadakan. Nama Sun of Music ini sendiri, diambil karena Kota Pontianak yang dikenal sebagai kota Khatulistiwa yang mana sinar matahari selalu menyinari sepanjang tahunnya. Kegiatan ini sendiri berlangsung karena kerjasama dari Disporapar Kota Pontianak dan teman-teman pekerja industri kreatif yang dalam hal ini berkerjasama dengan Parklife People Pontianak.

“Ini adalah momen mengobati kerinduan para pekerja seni dengan penikmatnya. Semua tim dan penampil sudah menjalani protokol yang semestinya. Semoga bisa jadi awal agar semakin banyaknya event untuk para pekerja kreatif,” ujar Arbian Octora, Pimpinan Pelaksana Sun of Music Festival dalam keterangan pers.

Acara ini sendiri akan ditayangkan melalui kanal Youtube Sun of Music Festival, Jumat (22/10) hingga Sabtu (23/10) setiap pukul 19.00WIB.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Sun of Music

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading