Meramu Gelap di Album Baru COLDVVAVE

COLDVVAVE adalah sebuah proyek musik kolaboratif yang dibentuk di Yogyakarta sejak tahun 2014 lalu. Awal terbentuknya yaitu saat dirilinya split album antara Jurumeva dan To Die, yang tergabung di Jogja Noise Bombing. Yogi Obluda (Jurumeya) dan Indra Menus (To Die) merilis split album tersebut secara digital pada tahun 2012. Setelah momentum itu keduanya pun memutuskan untuk melanjutkan kolaborasi dengan membentuk Coldvvave. Dikenal luas sebagai penggiat dalam ranah noise, Yogi dan Menus di proyek ini menunjukkan sesuatu yang berbeda dari kebiasaan mereka.

Musik yang mereka mainkan banyak terkoneksi dengan corak minimalis dari genre musik cold wave yang berada dalam satu spektrum musik dengan dark wave. Musik mesin yang cenderung monoton dengan penekanan pada sound bass dan drum machineserta vokal gelap mengawang laksana berada di dalam gua. Duo ini menggambarkan komposisi musik mereka sebagai cold sounds from tropical islands.

Duo darkwave elektronika yang berbasis di kota gudeg, COLDVVAVE, bulan lalu telah merilis kembali sebuah EP berisi dua lagu lama dan baru setelah enam tahun berlalu. Kini, keduanya hadir lagi dengan amunisi berupa sebuah album baru. Dengan menggandeng Wednes Mandra dari grup Folk klenik, Rabu, sebagai produser, mereka menyajikan 5 track yang didapuk dengan judul “eigengrau”. Di sela pengerjaan album baru Rabu, Wednes juga menyempatkan diri untuk featuring di satu lagu berjudul Remember This, As Always!. Sebelumnya single ini masuk di EP dua lagu COLDVVAVE dengan judul As Always yang kemudian di mastering ulang oleh Wednes dimana ia menyumbangkan vokal kharismatik khas Rabu-nya disini.

eigengrau coldvvave

Di album ini, duet Vitus Yogi “Obluda”Prasetyo dan Martinus Indra“Menus” Hermawan kembali menawarkan komposisi yang mereka sebut “cold sounds from tropical islands”. Sedikit berbeda dengan EP dua lagu mereka yang penuh dengan gemuruh atmosfer layaknya di dalam goa, Wednes mencoba sound yang sedikit lebih cerah disini. Vokal Indra Menus pun berubah menjadi lebih shoegazey dibanding awalnya yang cenderung Ian Curtis-esque. Materi rekaman musik mereka memang bukan baru lagi, beberapa komposisi musiknya ada yang direkam dari tahun 2009.

Salah satu lagunya, Memory, sebelumnya berjudul Gadis Operator LCD yang dibuat oleh Yogi Obluda sempat dipakai untuk back sound video pameran Puisi Cinta Chairil Anwar, 14 Februari 2009 di Mes 56. Bass line di lagu ini diciptakan sebagian oleh Raditya Rusdianto (Radit Bandit). Judul lagunya kemudian diubah untuk menyesuaikan lirik menjadi Memory. Dari kelima lagu berbahasa Inggris dengan tema besar tentang kemuraman ini, terdapat satu lagu berbahasa Indonesia berjudul Membujur Pilu.

Dipilihnya “eigengrau” sebagai judul album pun mempunyai makna yang menggambarkan warna musik dan tema lirik mereka. Istilah eigengrau dari bahasa Jerman sendiri adalah warna abu-abu gelap yang orang lihat tanpa adanya cahaya. Pada color hex, informasi kode warna eigengrau bisa dilihat pada koordinasi #16161D di mana nama band, judul album dan logo memakai warna ini di artwork COLDVVAVE yang dibuat oleh Yudhabrit. Album yang berisikan 10 lagu ini sudah bisa didengarkan secara penuh di layanan Bandcamp di akun mereka. Mari nikmati segala kemuraman yang ada di dunia ini dengan penuh khidmat. Selagi masih bisa menikmati.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari COLDVVAVE

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading