Merahjingga Menggugat Patriarki

Merahjingga merupakan band asal Kota Pontianak. Mengingat begitu banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan alam, band yang mengusung haluan musik kontemporer folk etnik ini kerap menciptakan lagu yang bermuatan kritik-kritik sosial, lingkungan, HAM, juga spiritualisme. Dalam upayanya, mereka selalu konsisten mengkampanyekan persoalan-persoalan tersebut dari panggung ke panggung, hingga media sosial serta kehidupan sehari-harinya.

Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 9 September 2019, Merahjingga telah merilis sebuah single bertajuk Hawa Sudut Jingga. Video klipnya juga sudah bisa dinikmati melalui akun YouTube mereka. Tembang tersebut berisikan kritik mengenai persoalan gender. Sampai saat ini budaya patriarki memang masih  langgeng berkembang di tatanan masyarakat Indonesia. Budaya itu dapat ditemukan dalam berbagai aspek dan ruang lingkup, seperti ekonomi, pendidikan, politik, hingga hukum.

Akibatnya, muncul berbagai masalah sosial yang membelenggu kebebasan perempuan dan melanggar hak-hak yang seharusnya dimiliki oleh perempuan. Meskipun Indonesia  adalah  negara  hukum,  namun  kenyataannya  payung  hukum  sendiri  belum  mampu mengakomodasi berbagai permasalahan  sosial  tersebut.

Penyebabnya masih klasik,  karena ranah perempuan masih dianggap terlalu domestik. Sehingga penegakan hukum pun masih cukup lemah dan tidak adil gender. Oleh karena itu, peran pekerja sosial sangat dibutuhkan pada situasi ini agar penyelesaian masalah bisa cepat dilakukan.

Tantangan terbesar atas permasalahan tersebut adalah kesadaran masyarakat atas pentingnya pendidikan gender, sehingga budaya patriarki tetap eksis di Indonesia. Dari hal-hal seperti diataslah yang menjadikan dasar bagi Merahjingga untuk memberikan pendidikan gender dan kampanye tentang begitu kejamnya budaya patriarki. Melalui lagu Hawa Sudut Jingga, mereka berharap agar dapat sedikit memberi tamparan terhadap pihak-pihak yang masih melanggengkan budaya patriarki di Indonesia.

Video klipnya sendiri merupakan kolaborasi antara Merahjingga dengan salah satu agensi kreatif yang berbasis di Kota Pontianak dan Bali bernama Simpul. Selama ini, Simpul memang rutin dalam membantu kampanye serta konten kreatif dari band tersebut.

Silakan nikmati video klip dari single Hawa Sudut Jingga di bawah ini:

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Merahjingga

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading