Merahjingga Menggugat Patriarki

Merahjingga merupakan band asal Kota Pontianak. Mengingat begitu banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan alam, band yang mengusung haluan musik kontemporer folk etnik ini kerap menciptakan lagu yang bermuatan kritik-kritik sosial, lingkungan, HAM, juga spiritualisme. Dalam upayanya, mereka selalu konsisten mengkampanyekan persoalan-persoalan tersebut dari panggung ke panggung, hingga media sosial serta kehidupan sehari-harinya.

Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 9 September 2019, Merahjingga telah merilis sebuah single bertajuk Hawa Sudut Jingga. Video klipnya juga sudah bisa dinikmati melalui akun YouTube mereka. Tembang tersebut berisikan kritik mengenai persoalan gender. Sampai saat ini budaya patriarki memang masih  langgeng berkembang di tatanan masyarakat Indonesia. Budaya itu dapat ditemukan dalam berbagai aspek dan ruang lingkup, seperti ekonomi, pendidikan, politik, hingga hukum.

Akibatnya, muncul berbagai masalah sosial yang membelenggu kebebasan perempuan dan melanggar hak-hak yang seharusnya dimiliki oleh perempuan. Meskipun Indonesia  adalah  negara  hukum,  namun  kenyataannya  payung  hukum  sendiri  belum  mampu mengakomodasi berbagai permasalahan  sosial  tersebut.

Penyebabnya masih klasik,  karena ranah perempuan masih dianggap terlalu domestik. Sehingga penegakan hukum pun masih cukup lemah dan tidak adil gender. Oleh karena itu, peran pekerja sosial sangat dibutuhkan pada situasi ini agar penyelesaian masalah bisa cepat dilakukan.

Tantangan terbesar atas permasalahan tersebut adalah kesadaran masyarakat atas pentingnya pendidikan gender, sehingga budaya patriarki tetap eksis di Indonesia. Dari hal-hal seperti diataslah yang menjadikan dasar bagi Merahjingga untuk memberikan pendidikan gender dan kampanye tentang begitu kejamnya budaya patriarki. Melalui lagu Hawa Sudut Jingga, mereka berharap agar dapat sedikit memberi tamparan terhadap pihak-pihak yang masih melanggengkan budaya patriarki di Indonesia.

Video klipnya sendiri merupakan kolaborasi antara Merahjingga dengan salah satu agensi kreatif yang berbasis di Kota Pontianak dan Bali bernama Simpul. Selama ini, Simpul memang rutin dalam membantu kampanye serta konten kreatif dari band tersebut.

Silakan nikmati video klip dari single Hawa Sudut Jingga di bawah ini:

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Merahjingga

Sisi Organik Scaller Dalam "Noises & Clarity"

Kabar baik datang dari Scaller yang baru saja merilis live session (8/7/23) yang kemudian diberi tajuk “Noises & Clarity”. Dalam video ini, grup musik asal Jakarta tersebut tampil membawakan 5...

Keep Reading

Single Ketiga Eleanor Whisper Menggunakan Bahasa Prancis

Grup Eleanor Whisper asal kota Medan yang telah hijrah ke Jakarta sejak 2019 ini resmi merilis single ke-3 yang diberi tajuk “Pour Moi”. Trio Ferri (Vocal/ Guitar), Dennisa (Vocals) &...

Keep Reading

Sajian Spektakuler KIG Live!

Umumkan kehadirannya sebagai pemain baru pada industri konser musik Indonesia, KIG LIVE yang merupakan bagian dari One Hundred Percent (OHP) Group menggelar acara peluncuran resmi yang juga menampilkan diskusi menarik...

Keep Reading

Crushing Grief Gandeng Dochi Sadega Dalam Single Terbaru

Unit pop-punk dari Manado, Crushing Grief, menggandeng Dochi Sadega dari Pee Wee Gaskins, dalam single terbaru mereka yang diberi tajuk “Hard Rain“. Single ini merupakan salah satu lagu yang diambil dari EP...

Keep Reading