Menyesap Nuansa Tropikal di Album Terbaru Coconightman

Bali selalu menawarkan hal menarik, apa pun itu, entah musik, seni rupa, dan lain sebagainya. Khususnya di wilayah musik, baru-baru ini trio hawaiian folk asal Canggu, Bali bernama Coconightman resmi melepas album ketiganya yang diberi tajuk Menempuh Hidup Baru. Musik dengan nuansa tropik nan eksotik pun tersaji apik dalam album ini.

Setidaknya ada 10 trek lagu yang Coconightman rekam dalam Menempuh Hidup Baru. Judul lagu pendek yang mudah diingat, musik sederhana, sampai penggunaan bahasa Indonesia dalam seluruh lirik yang mudah untuk dipahami adalah beberapa keistimewaan yang dihadirkan oleh Coconightman. Belum lagi aksen melayu dibeberapa nomor lagu cukup membuat album ini diputar berulang-ulang.

Album yang direkam selama masa pandemi ini pun memberikan warna tersendiri bagi Ucup (Vokal/Gitar Akustik), Rian (Ukulele) dan Rama (Drum) dalam mengeksplor musik mereka. Nomor tunggal “Lelaki” yang dilepas pada akhir tahun 2020 menjadi pemantik teciptanya lagu-lagu lain pada album Menempuh Hidup baru.

Tidak melulu soal kegalauan percintaan, Menempuh Hidup Baru juga bagi Coconightman adalah proses pendewasaan yang menyenangkan. Lagu-lagu di album ini seperti “Sederhana”, “Singgah”, “Lelaki”, “Rambu Rahman” adalah upaya Coconightman untuk merefleksikan dan mengabadikan kehidupan manusia ke dalam musik. Memang, Merekam kehidupan kedalam musik bisa jadi salah satu cara untuk membantu mengingat apa yang terjadi pada usia yang habis dimakan waktu.

“Layaknya orang yang baru nikah, Menempuh Hidup Baru itu kayak pintu masuk buat kami ke segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Semoga album ini bisa membawa kebahagiaan buat banyak orang, “ ujar Ucup.

Dari segi proses, Menempuh Hidup Baru masih dikerjakan secara mandiri dan tidak melibatkan label musik. Menurut Coconightman proses pengerjaan semacam ini mampu memaksimalkan kinerja para personilnya agar tidak menganggur ditengah situasi pagebluk. Kerjasama pintu ke pintu dalam membangun ekosistem industri musik yang sehat perlu dilakukan saat ini sebab Coconightman sadar bahwa industri musik ditengah pagebluk adalah hal sulit bagi Coconightman mendistribusikan lagunya.

Coconightman sendiri sudah terbentuk sejak tahun 2017. Terbilang produktif, selama karirnya mereka sudah melepas 2 album penuh Mohon Doa Restu (2020) dan Menempuh Hidup Baru (2021) dan 1 album pendek Something Good (2017). Selamat menyimak album terbaru dari Coconightman.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Coconightman

Scaller Meneruskan Perjalanan Dalam "Noises & Clarity"

Album yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dirilis. Adalah “Noises & Clarity” yang merupakan album studio kedua Scaller yang dirilis melalui Golden Robot Records & Archangel Records (23/09). Album ini diproduksi sendiri...

Keep Reading

Merayakan Festival Industri Kreatif Tahunan Selama Tiga Pekan

M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan...

Keep Reading

Album Naif Bocor?!

Dan terjadi lagi.. Ya, terjadi lagi kabar yang cukup mengejutkan: album dibocorkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini datang dari unggahan instastory mantan drummer Naif, Pepeng, yang menuliskan...

Keep Reading

Teror Dari Tore Up

Memasuki 2022, satuan Violent/Chaotic Hardcore yang tergabung dalam Tore Up melepas peringatan dalam bentuk 2 track tergelapnya. Adalah “Drowning” dan “Nothingness” yang menjadi semacam perkenalan sekaligus awal perjalanan mereka mengarungi...

Keep Reading