Duo ukulele Arief Fauzan dan Sigit Ezra ini baru saja merilis single keempat yang diberi nama “Jelita”. Single ini sendiri didaulat sebagai nomor pembuka untuk debut album mereka yang berjudul “Dendang Samudra”. Lagu ini berkisah tentang Jelita, seorang gadis cantik dari Pantai Pangandaran yang menjadi idola para Nelayan di sekitar Pantai. Tapi sialnya, Bapak si Jelita bernama Mang Saripudin galaknya bukan main, sehingga tidak ada yang berani mendekati Jelita.

Irama Pantai Selatan menyebut musik yang mereka mainkan adalah “Maritim Pop”, sebuah jenis musik yang menurut mereka adalah “Musik Pop yang bertema Kelautan”. Secara Musik,  “Jelita” tidak hanya terbatas pada jenis musik yang biasa mereka mainkan saja, ada peran Adikarso dan Oslan Husein di dalamnya yang menjadi inspirasi besar mereka dalam berkarya. Penulisan Lirik Jelita tentunya terinpirasi dari kedua orang itu, sederhana, jenaka dan mudah diingat.

Peran produser juga sangat besar dan semakin menguatkan lagu ini, karena Ricky Virgana dari White Shoes and The Couples Company terlibat dalam seluruh proses kreatif sebagai Produser. Peran Ricky tentunya semakin menguatkan nuansa “Indonesiana” di lagu dan album mereka.

Jelita menjadi warna baru di musik mereka, yang mana ketiga single sebelumnya terdengar tenang dan mendayu-dayu. Hal ini semakin membuat penasaran banyak pendengar, sejauh apa eksplorasi musik yang mereka telah lakukan untuk debut albumnya mendatang? Mari kita tunggu bersama.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Irama PantaiSelatan