Menonton Konser Musik Drive-In di Denmark

Mungkin masa karantina saat ini akan masuk dalam catatan sejarah terpenting yang pernah terjadi dalam peradaban modern. Bayangkan saja, hampir seluruh dunia mengambil langkah dan protokol ini untuk menghindari peningkatan secara eksponensial dari kasus virus corona. Dulu, sebelum ada pandemi CoViD-19, menonton konser musik adalah suatu kewajiban di akhir pekan bagi banyak orang. Tapi kini, hal itu tidak mungkin terjadi. Meskipun demikian, manusia memang tidak pernah kehabisan ide. Promotor di Aarhus – kota kedua terbesar di Denmark – menemukan cara yang cukup brilian untuk mencari jalan agar orang-orang bisa menonton konser di luar ruangan. Caranya? Dengan mengorganisir konser drive-in yang memungkinkan penontonnya untuk menikmati konser dengan berada di dalam mobil masing-masing.

Ketika pengumuman akan konser ini dirilis, tak menunggu lama untuk 500 tiket terjual habis hanya dalam beberapa menit. Konser yang menghadirkan musisi asal Denmark yaitu Mads Langer ini tentu menjadi pertanda akan kerinduan orang banyak akan sebuah pertunjukan langsung dari musisi idola. Konser ini tercatat adalah salah satu dari sekian banyak program yang akan masuk di dalam festival drive-in yang diselenggarakan di pinggiran kota Aarhus. Selama konser, penampilan sang artis ditransmisikan ke dalam mobil melalui radio, dan para penonton konser juga berkesempatan berinteraksi dengan Langer menggunakan perangkat konferensi yang sedang ramai digunakan saat ini yaitu Zoom.

“Saya telah tampil di banyak konser dalam hidup saya, tetapi yang seperti ini benar-benar yang pertama,” jelas Langer dari panggung.

Pada saat konser berlangsung, nampak ratusan mobil yang parkir secara teratur di depan panggung pertunjukan. Menurut surat kabar lokal Jyllands-Posten, pihak kepolisian setempat sangat senang dengan acara tersebut, “Pertunjukan tersebut menyebarkan pesan yang sangat positif dari para orang-orang yang melihat pertunjukan tersebut. Semuanya dapat dikontrol dengan baik. Orang-orang pun berperilaku sebagaimana mestinya, dan semua mobil keluar dari tempatnya dalam waktu setengah jam,” jelas Christian Friis dari Østjyllands Police.

“Saya mencoba beradaptasi dengan realitas baru  ini sebagai seorang musisi, dan mudah-mudahan apa yang saya lakukan bisa menyebarkan sedikit sinar matahari di mobil Anda,” terang Langer melalui akun Instagramnya.

Selain Denmark, konser serupa juga digelar di Lithuania, yang dilangsungkan di Palunkio Airfield dan menampilkan pertunjukan dari musisi-musisi Eropa yang terkenal. Peraturan dari konser ini pun cukup tegas dengan hanya dua orang yang diizinkan di setiap mobil dan tidak ada yang boleh keluar dari mobil selama pertunjukan berlangsung.

Pemberian jarak antar mobil untuk memastikan protokol “social distancing” di konser drive-in yang tiketnya terjual habis.

Beberapa pengendara mobil merapatkan kendaraannya agar lebih dekat ke panggung di konser drive-in di Aarhus, Denmark.

Sehari seusai jadwal konser , panggung yang sama dipakai sebagai sinema drive-in. Terlihat sedang diputarkan fim “Star Wars: The Rise of Skywalker” untuk para pengunjung.

Teks: Adjust Purwatama

Visual: Arsip AFP

Video: Akun YouTube 200 Katinu

Cerita Iblis dan Manusia di Album Kedua Parakuat

Ranah musik elektronik di Indonesia selalu menarik untuk di simak, terlebih geliatnya di arus pinggir. Banyak seniman bunyi muncul dengan coraknya sendiri dan membawa hasil eksperimentasinya masing-masing. Ranah ini terus...

Keep Reading

The Jansen Persembahkan Album Ketiga

Usai melepas nomor “Mereguk Anti Depresan Lagi” yang cukup mencuri perhatian, The Jansen, trio punk rock dari kota hujan Bogor akhirnya meluncurkan album ketiganya bertajuk “Banal Semakin Binal” (29/7) dalam...

Keep Reading

EP Who Suffer?, Jalan Keluar Defy dari Kekacauan Pandemi

Grup metallic hardcore dari kota Palu, Defy, baru-baru ini telah meluncurkan sebuah album mini bertajuk Who Suffer?. Perilisan album ini juga sekaligus sebagai tanda berjalannya kerja sama antara Defy dan...

Keep Reading

Menuju Album Kedua, Modjorido Rilis Nomor "Bebal"

Usai memperkenalkan album perdana self-tittled di tahun 2021 lalu, grup musik dari Bali, Modjorido akhirnya kembali merilis karya teranyar. Kali ini unit yang dihuni oleh Rico Mahesi (Vocal & Guitar),...

Keep Reading