Menghadapi Kelaziman Baru dengan Cadasnya Single Baru Down For Life

Down For Life, unit metal asal Solo merilis sebuah single baru sekaligus video liriknya yang berjudul “Apokaliptika”. Video yang telah dirilis beberapa waktu di kanal YouTube resmi milik Blackandje Records, sebuah label rekaman yang menaungi beberapa band dengan musik keras, termasuk Down For Life.

Sebagai catatan, lagu ini merupakan single kedua yang mereka rilis setelah sebelumnya pada tahun 2019 silam mereka merilis single “Mantra Bentala”. Dikabarkan, kedua single ini akan turut masuk ke dalam album keempat yang tengah tertunda akibat himbauan untuk berkegiatan di rumah saja dari pemerintah.

Sedikit membahas singleMantra Bentala“. Kabarnya, single tersebut dirilis dengan sangat spesial dan juga sekaligus menjadi kado Natal dan hadiah tutup tahun 2019 yang cukup manis nan sangar dari Down for Life untuk para Pasukan Babi Neraka (julukan penggemar berat Down for Life) dan para metalhead pada umumnya. Video yang dihadirkan pun memperlihatkan beragam potongan rekaman saat mereka tampil dari satu panggung ke panggung lainnya dalam masa 2016 hingga 2019.

Seperti karya-karya sebelumnya, single “Apokaliptika” ini sendiri tetap menghadirkan musikalitas yang berat, cepat, dan agresif. Membawa tema lirik tentang kondisi wabah saat ini, lagu tersebut ternyata pada awalnya memiliki judul yang jauh berbeda dan juga memiliki padanan kata berbahasa Inggris, yang kemudian dirubah agar cukup relevan dengan kondisi yang ada sekarang.

Proses panjang pun telah mereka lewati sejak Oktober 2019 lalu, di mana rekaman pada saat itu telah selesai dilaksanakan di sebuah studio milik Blackandje Records yang bernama Darktone Studio. Lalu, pada Maret 2020 kemarin, proses pembaharuan dilakukan dan tidak cukup memakan waktu lama, single ini akhirnya selesai dikerjakan oleh para punggawa metal Jawa Tengah ini.

 

 

Untuk urusan visual dalam video lirik, pengerjaan dilakukan oleh Kereta Badja, di mana ini adalah sebuah kolektif pekerja visual asal Purwokerto yang kerap kali mengerjakan video lirik untuk label rekaman asal Amerika, Unique Leader Records. Selain lirik, tampilan dari video ini juga dipermanis dengan hadirnya ilustrasi karya seniman Jahlo Gomes.

Format video lirik diambil sebagai opsi terbaik saat ini karena kendala teknis untuk melakukan syuting. Juga untuk lebih mengenalkan lirik dari “Apokaliptika” itu sendiri. Meski maknanya dikembalikan kepada persepsi masing-masing orang.

Berbarengan dengan dirilisnya video lirik single dikanal YouTube Blackandje Records, Down For Life juga mengeluarkan beberapa merchandise seperti t-shirt, hoodie, topi dan banyak yang lain untuk menemani rilisnya single “Apokaliptika”. Dikabarkan, kedua single ini akan turut masuk ke dalam album keempat yang kemungkinan akan segera meluncur dengan cepat di pertengahan tahun ini, namun sayangnya tengah tertunda akibat himbauan untuk berkegiatan di rumah saja dari pemerintah. Sembari menunggu, bersiaplah menyambut perubahan peradaban bersama “Apokaliptika”.

 

 

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Blackandje Records

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading