Memperkenalkan Arah Baru ikkubaru

Band pop ikkubaru, merilis video klip Silent, single mereka yang dilepas awal tahun 2019 ini. Silent adalah single paling baru yang sekaligus menjadi intro untuk album baru mereka yang sedang disiapkan.

ikkubaru berasal dari Bandung, tapi punya nama beraroma Jepang. Band ini beranggotakan Muhammad Iqbal (vokal, keyboard dan gitar), Rizki Firdausahlan (vokal dan gitar), Muhammad Fauzi Rahman (bas), dan Banon Gilang (drum). Di tahun 2018, mereka merilis debut album Amusement Park.

Dari segi lirik, Silent terinspirasi dari Paddy McAloon—pentolan band lawas Prefab Sprout. “Dia dulunya dibesarkan di lingkungan gereja dan membuatnya menjadi spiritualis,” kata Iqbal, yang juga merupakan penulis lagu utama Ikkubaru.
“Prefab Sprout memiliki ciri khas melodi yang unik, dan meleburkannya dengan kekhasan aransemen musik Ikkubaru selama ini, tentu menjadikannya hal yang menarik. Menjadi hal yang wajar bila kemudian Silent ditaburi oleh buaian suara synth yang jadi karakter sound 80an, sebagai salah satu kunci utama lagu,” lanjutnya.

Secara khusus, Silent sendiri punya pesan khusus, “Pointnya, semua hal yang dirasakan harus disyukuri dengan kejujuran pada diri sendiri, karena segalanya baik yang akan atau sedang dilalui harus dijalani dengan menyertakan lubuk hati paling dalam. Di mana hati berada, di situ harta tersimpan,” katanya lagi.

Sementara dari segi musik, Silent akan menawarkan sebuah pembaruan atau citra baru ikkubaru. Nuansa city pop yang biasanya melekat, perlahan mulai ditinggalkan. Musik ikkubaru kini lebih dipengaruhi oleh gaya bermusik para musikus sophistipop, namun tetap diramu dengan gaya yang khas.

Perubahan macam ini bukan tanpa resiko, meski sebetulnya merupakan hal yang lumrah bagi setiap musisi. Menurut masing-masing personilnya, ikkubaru telah menemukan formula atau kuncian untuk tidak ditinggalkan oleh pendengar lamanya dan merebut telinga pendengar-pendengar baru. Hal ini juga yang kemudian dianggap menjadi kekuatan lagu-lagu mereka.

Penggarapan video klip Silent dilakukan oleh EUNOIApicture dengan sutradara Wisnu Tresna Nugraha. Adapun proses pengambilan gambar dilakukan di Jakarta dengan keterlibatan Aishah Gray sebagai aktor utama. Visual kota besar seperti Jakarta sendiri dipilih karena dianggap bisa mewakili cita rasa musik yang diusung oleh ikkubaru. (*)

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip ikkubaru

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading