Membuka Kemungkinan Lain di Proyek Solo Rayhan Noor

Salah satu personil Glaskaca, Rayhan Noor, resmi memulai karir solonya. Di penghujung Mei 2019 yang lalu, ia merilis House of Cards, debut single solonya. Musiknya berbeda dengan Glaskaca.

Petualangannya sebagai seorang musisi, mulai melebar. Ia juga tercatat sebagai session player untuk .Feast dan Kurosuke. House of Cards digarap bersama dengan teman dekatnya, Wisnu Ikhsantama. Tama sendiri, sudah terlibat kolaborasi dengan Rayhan sejak menggarap materi-materi Glaskaca.

“Lagu ini sebenarnya sederhana. Tentang bagaimana orang tidak bisa menyelesaikan sesuatu dengan tuntas. Bukan karena malas, tapi karena terjerembab pada pikirannya sendiri. Sebenarnya yang saya ceritakan itu saya sendiri,” jelas Rayhan.

Ia mengaku bahwa lebih banyak mengangkat sisi personal dari dirinya saat menulis House of Cards dan materi-materi proyek solonya. Hal ini diakuinya tidak dapat ditulis dan disampaikan melalui medium musiknya yang lain.

“Sebenernya saya memang punya sejumlah stok lagu sendiri yang kayaknya memang nggak bisa dibawakan Glaskaca dan harus dibawakan sendiri. Awalnya mau disimpen aja, cuma setelah dipikir-pikir dan dapet encouragement dari teman-teman dekat, akhirnya dirilis juga deh dalam format solo. Hitung-hitung jadi outlet musik saya yang lain, yang beda dari Glaskaca,” tambahnya.

Saat merekam lagu House of Cards, selain dibantu Tama sebagai co-producer, Rayhan juga disokong oleh Nugi Wicaksono dari Reality Club untuk mengisi bass. Mixing dan masteringnya pun dilakukan sendiri dengan bantuan Tama.

Seperti sudah disinggung, musik di karir solonya sedikit berbeda dari Glaskaca. Rayhan menjelajahi banyak sekali jenis musik sebagai referensi. “Saya mendengarkan apapun dari death metal sampai Pat Metheny. Haha. Kalau berkarya, selalu terbuka dengan apapun dan kayaknya nggak akan pernah tahu juga ke depannya bikin kaya gimana lagi. Seluas itu kemungkinannya buat saya,” kata Rayhan tentang referensi musiknya yang lebar. (*)

Teks: Rizki Firmansyah/ Felix Dass
Foto: Arsip Rayhan Noor

Sisi Organik Scaller Dalam "Noises & Clarity"

Kabar baik datang dari Scaller yang baru saja merilis live session (8/7/23) yang kemudian diberi tajuk “Noises & Clarity”. Dalam video ini, grup musik asal Jakarta tersebut tampil membawakan 5...

Keep Reading

Single Ketiga Eleanor Whisper Menggunakan Bahasa Prancis

Grup Eleanor Whisper asal kota Medan yang telah hijrah ke Jakarta sejak 2019 ini resmi merilis single ke-3 yang diberi tajuk “Pour Moi”. Trio Ferri (Vocal/ Guitar), Dennisa (Vocals) &...

Keep Reading

Sajian Spektakuler KIG Live!

Umumkan kehadirannya sebagai pemain baru pada industri konser musik Indonesia, KIG LIVE yang merupakan bagian dari One Hundred Percent (OHP) Group menggelar acara peluncuran resmi yang juga menampilkan diskusi menarik...

Keep Reading

Crushing Grief Gandeng Dochi Sadega Dalam Single Terbaru

Unit pop-punk dari Manado, Crushing Grief, menggandeng Dochi Sadega dari Pee Wee Gaskins, dalam single terbaru mereka yang diberi tajuk “Hard Rain“. Single ini merupakan salah satu lagu yang diambil dari EP...

Keep Reading