Membuka Kemungkinan Lain di Proyek Solo Rayhan Noor

Salah satu personil Glaskaca, Rayhan Noor, resmi memulai karir solonya. Di penghujung Mei 2019 yang lalu, ia merilis House of Cards, debut single solonya. Musiknya berbeda dengan Glaskaca.

Petualangannya sebagai seorang musisi, mulai melebar. Ia juga tercatat sebagai session player untuk .Feast dan Kurosuke. House of Cards digarap bersama dengan teman dekatnya, Wisnu Ikhsantama. Tama sendiri, sudah terlibat kolaborasi dengan Rayhan sejak menggarap materi-materi Glaskaca.

“Lagu ini sebenarnya sederhana. Tentang bagaimana orang tidak bisa menyelesaikan sesuatu dengan tuntas. Bukan karena malas, tapi karena terjerembab pada pikirannya sendiri. Sebenarnya yang saya ceritakan itu saya sendiri,” jelas Rayhan.

Ia mengaku bahwa lebih banyak mengangkat sisi personal dari dirinya saat menulis House of Cards dan materi-materi proyek solonya. Hal ini diakuinya tidak dapat ditulis dan disampaikan melalui medium musiknya yang lain.

“Sebenernya saya memang punya sejumlah stok lagu sendiri yang kayaknya memang nggak bisa dibawakan Glaskaca dan harus dibawakan sendiri. Awalnya mau disimpen aja, cuma setelah dipikir-pikir dan dapet encouragement dari teman-teman dekat, akhirnya dirilis juga deh dalam format solo. Hitung-hitung jadi outlet musik saya yang lain, yang beda dari Glaskaca,” tambahnya.

Saat merekam lagu House of Cards, selain dibantu Tama sebagai co-producer, Rayhan juga disokong oleh Nugi Wicaksono dari Reality Club untuk mengisi bass. Mixing dan masteringnya pun dilakukan sendiri dengan bantuan Tama.

Seperti sudah disinggung, musik di karir solonya sedikit berbeda dari Glaskaca. Rayhan menjelajahi banyak sekali jenis musik sebagai referensi. “Saya mendengarkan apapun dari death metal sampai Pat Metheny. Haha. Kalau berkarya, selalu terbuka dengan apapun dan kayaknya nggak akan pernah tahu juga ke depannya bikin kaya gimana lagi. Seluas itu kemungkinannya buat saya,” kata Rayhan tentang referensi musiknya yang lebar. (*)

Teks: Rizki Firmansyah/ Felix Dass
Foto: Arsip Rayhan Noor

Merayakan Festival Industri Kreatif Tahunan Selama Tiga Pekan

M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan...

Keep Reading

Album Naif Bocor?!

Dan terjadi lagi.. Ya, terjadi lagi kabar yang cukup mengejutkan: album dibocorkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini datang dari unggahan instastory mantan drummer Naif, Pepeng, yang menuliskan...

Keep Reading

Teror Dari Tore Up

Memasuki 2022, satuan Violent/Chaotic Hardcore yang tergabung dalam Tore Up melepas peringatan dalam bentuk 2 track tergelapnya. Adalah “Drowning” dan “Nothingness” yang menjadi semacam perkenalan sekaligus awal perjalanan mereka mengarungi...

Keep Reading

Penanda 2 Dekade Berkarya; St.loco Rilis Nirmala

Lama tidak terdengar memberikan rima yang membuat kancah musik tanah air bergetar, St.loco akhirnya menghembuskan kabar baik. Telah banyak yang mereka gores ke dalam lembaran kertas, tentang perjalanan panjang, dan...

Keep Reading