Membaca Batin Yura Yunita Melalui Single ‘Tenang’

Yura Yunita, seorang penyanyi, penulis lagu, komposer dan produser asal Bandung, yang sudah berhasil merilis beberapa single hingga album. Menjelang akhir tahun 2020 kemarin Yura merilis beberapa lagu menuju album ketiganya, antara lain “Hoolala” bersama Dipha Barus; “Reflection” dari film live-action Disney Mulan beserta tiga penyanyi wanita; dan “Duhai Sayang” yang digubahnya bersama penyanyi-penulis lagu Tulus. Kabar terbarunya Yura Yunita resmi merilis lagu terbarunya yang diberi judul “Tenang”.

Yura Yunita dikenal berkat lagu-lagu bertema romansa seperti “Cinta dan Rahasia” ataupun “Intuisi”. Kini Yura Yunita mencoba mengutarakan percakapan batinnya melalui single “Tenang”. “Tak jarang pikiran kita melayang di malam hari. Resah dan gelisah mengiringi ketidakpastian dan pencarian arti kehidupan. Lagu ini berupa doa, curahan rasa, saat berdialog dengan diri sendiri, yang dirindu, dan Sang Pencipta,” ujar Yura Yunita tentang lagu terbarunya.

Single “Tenang” dibuka dengan permainan piano yang cukup lirih, vokal Yura yang khas dan berkarakter menyuarakan perasaan resah disambung melodi chorus yang penuh harapan. Suasana lagu kemudian pelan-pelan menanjak dengan instrumentasi anggun hingga iringan paduan suara yang menggetarkan.

Single “Tenang” merupakan ajakan untuk sejenak melihat ke sekitar dan dalam diri sendiri untuk menemukan kehendak sekaligus jawaban dari segala pertanyaan di kepala kita. Dilingkupi ketenangan, berdialog dengan suara hati yang paling dalam diharapkan bisa membuat kita menerima diri sendiri secara utuh.

Dengan dirilisnya lagu ini menjelang dimulainya Ramadan, “Tenang” dirasa dapat menjadi teman yang selaras dengan bulan yang senantiasa mengundang kita untuk berefleksi. Dalam keriuhan hidup sehari-hari, rasa teduh dan tenteram dari lagu ini diharapkan bisa mengisi saat-saat hening di sepanjang bulan suci Ramadan.

Sejalan dengan dilepasnya lagu “Tenang” ini, sebuah film pendek atau video musik garapan Yandy Laurens juga akan diperkenalkan kepada publik. Dibintangi aktor-aktor ternama Ringgo Agus, Nirina Zubir, Kiki Narendra, dan aktor cilik Gamaliel Eleazar dan Zozo, film ini mengisahkan seseorang yang mencoba berdamai dengan kenangan dan dirinya sendiri, serupa dengan ajakan dalam lagu “Tenang”. Video musik ini dapat disaksikan dua minggu setelah lagunya tersedia di berbagai layanan streaming. Yandy Laurens sendiri dikenal antara lain sebagai sutradara dan salah satu penulis film Keluarga Cemara (2018).

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Yura Yunita

Scaller Meneruskan Perjalanan Dalam "Noises & Clarity"

Album yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dirilis. Adalah “Noises & Clarity” yang merupakan album studio kedua Scaller yang dirilis melalui Golden Robot Records & Archangel Records (23/09). Album ini diproduksi sendiri...

Keep Reading

Merayakan Festival Industri Kreatif Tahunan Selama Tiga Pekan

M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan...

Keep Reading

Album Naif Bocor?!

Dan terjadi lagi.. Ya, terjadi lagi kabar yang cukup mengejutkan: album dibocorkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini datang dari unggahan instastory mantan drummer Naif, Pepeng, yang menuliskan...

Keep Reading

Teror Dari Tore Up

Memasuki 2022, satuan Violent/Chaotic Hardcore yang tergabung dalam Tore Up melepas peringatan dalam bentuk 2 track tergelapnya. Adalah “Drowning” dan “Nothingness” yang menjadi semacam perkenalan sekaligus awal perjalanan mereka mengarungi...

Keep Reading