Melihat 2D Gorillaz di Dunia Nyata

Pembuat dan distributor figure art, Superplastic, baru saja meluncurkan sebuah kolaborasi barunya bersama band virtual asal Inggris, Gorillaz. Figure art tersebut menghadirkan sosok sang vokalis dari band tersebut yang merupakan hasil ciptaan dari Damon Albarn dan Jamie Hewlett, yaitu 2D.   Patung yang memiliki ukuran 12-inci ini menampilkan sosok unik yang mengenakan sepatu dua warna, sebuah mic besar, dan mata yang bersinar. Bagi para calon pembeli, nantinya akan mendapatkan sebuah figure, kotak kemasan yang menarik, dan juga sebuah baterai yang akan berguna untuk memberikan aliran listrik, agar mata LED tersebut dapat menyala. Edisi ini menurut pihak produsen sangatlah terbatas, dan siapa cepat dia yang akan dapat.

Pendiri superplastik Paul Budnitz mengatakan, “Gorillaz adalah inspirasi besar, dan saya sangat senang bisa bekerja sama dengan Jamie dan berkolaborasi untuk sebuah mainan lagi.” Mereka yang tertarik membeli figure art  2D ini diharuskan untuk mengunjungi situs web Superplastic dan memesan di muka secara pre order dengan harga $ 80 USD. Pesanan yang telah dilakukan akan ditampung dan segera dikirimkan pada akhir Oktober 2020.

“Aku keluar berbelanja untuk musim liburan atau sesuatu seperti itu, dan di sebuah jendela aku melihat bayanganku. Tapi aku terlihat jauh lebih kecil. Dan sepertinya aku sedang bernyanyi,” kata 2D perihal koleksi ini.

Superplastic sendiri adalah sebuah produsen sekaligus distributor yang kerap kali merilis figure art berbasis karakter dan perusahaan hiburan animasi yang terkenal dengan karakter khasnya yaitu Janky & Guggimon, serta lini produk mainan dan pakaian desainer edisi terbatas yang selalu terjual habis. Perusahaan ini didirikan pada 2018 oleh artis & pengusaha terkenal Paul Budnitz (Kidrobot, Ello, Budnitz Bicycles). Seniman figure art legendaris Huck Gee adalah kepala kreatif dari perusahaan ini. Superplastic berbasis di Burlington, Vermont dengan kantor satelit di New York City dan San Francisco.

figure gorillaz

Bagi yang belum tahu siapa itu Gorillaz, mereka adalah sebuah grup virtual band hasil ciptaan dari Damon Albarn dan Jamie Hewlett. Keduanya bekerja sama membuat 4 tokoh animasi yaitu 2D, Noodle, Murdoc Niccals, dan Russel Hobbs yang kemudian dijadikan satu sebagai sebuah band bernama Gorillaz. Untuk lini musik, Damon dibantu oleh banyak rekan sesama musisi untuk menciptakan banyak karya. 2 personel awal yang berkolaborasi dengan Damon dalam merilis album pertama band ini adalah Del tha Funkee Homosapien dan Dan the Automator.

Tomorrow Comes Today EP yang dilepas tahun 2000 silam tercatat mendapatkan atensi yang positif dari para penikmat musik di seluru wilayah Inggris. Dan publikasi dari mulut ke mulut pun menjadi tonggak suksesnya grup band virtual ini. Sebagai sebuah band virtual, tiap karakter personel band pun dirancang memiliki latar belakang kehidupan layaknya manusia. Bahkan ada sejarah dibentuknya band ini pula.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Superplastic.com

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading