Melawan Fanatisme Bersama Tashoora

Tashoora adalah band asal Yogyakarta dengan komposisi Danang Joedodarmo (gitar), Dita Permatas (biola), Gusti Arirang (bass), Sasi Kirono (gitar), dan Mahesa Santoso (drum). Eksponen rock alternatif ini baru saja merilis lagu Surya yang merupakan single kedua di tahun ini setelah sebelumnya sempat memperkenalkan tembang Hitam pada April 2019 lalu. Melalui single ini, Tashoora menceritakan kembali kisah Giordano Bruno, seorang filsuf Itali, yang meyakini bahwa bumi mengelilingi matahari dan kemudian meninggal dieksekusi karena kepercayaannya tersebut.

“Peristiwa ini menjadi bukti bahwa fanatisme selalu setia memukul mundur ilmu pengetahuan. Atas nama ajaran, sebagian dari kita bertindak sebagai Tuhan,” ucap Danang. Lalu Gusti menanbahkan bahwa, “Sejak dulu kita dijejali tentang ‘kebenaran’ absolut, suara-suara selain ajaran tersebut harus tutup mulut.”

Pada single Surya tersebut Tashoora turut melibatkan vokalis grup metal Revenge, Rifki Bachtiar, sebagai kolaborator pada departemen lirik. “Di balik lirik Surya ada cahaya yang dibungkam. Manusia tidak bisa menerima kesepakatan minoritas,” jelas Rifki Bachtiar.

Untuk mempermanis single ini, Tashoora mencoba memvisualisasikan kegelisahan yang serupa dengan liriknya. Sebuah gambaran manekin dengan mulut serta pergelangan tangan dan kakinya dibebat kain menjadi simbolisasinya. Artwork hitam-putih dengan goresan cat ungu juga merupakan hasil kerja sama Tashoora dengan proyek kolaborasi antara Crystal Yoana Tanara (fotografer) dan Galuh Indri Wiyarti (ilustrator/desainer grafis).

“Simbol duka atas pembungkaman ilmu pengetahuan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan agama,” cerita Crystal Yoana Tanara.

Selain single Hitam dan Surya, pada Desember 2018 lalu Tashoora juga sudah merilis sebuah EP bertajuk Ruang. Ep ini merupakan hasil rekaman live private showcase mereka di sebuah lembaga pendidikan kesenian non-formal di Yogyakarta, yaitu Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Band tersebut juga sempat dinobatkan sebagai Spotify Early Noise featured artist asal Indonesia untuk tahun 2019. Silahkan menikmati Lagu Surya di berbagai layanan musik streaming favorit kalian. Sebuah official audio berbentuk video juga dihadirkan di kanal YouTube Tashoora. Semuanya telah tersedia sejak tanggal 26 Juli 2019.

“Lagu ini (Surya) akan menjadi bagian dari album penuh Tashoora yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini. Mohon doanya.” tutup Dita.

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Tashoora

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading