Manipulasi Murai Rustle dalam "Moneyfullasi"

Murai Rustle baru saja melepas single terbarunya yang diberi judul “Moneyfullasi“. Rapper asal Sinaraja, Bali, ini menuangkan kejujuran hatinya menghadapi keadaan hidup dalam nomor tunggal tersebut.

“Moneyfullasi” sendiri merupakan pelesetan dari kata manipulasi diselipi beberapa kata pembentuk, “Money/ Full/ As/ I; adalah satuan kata yang di gabungkan, yang apa bila di artikan menjadi “Duit-(Berharga)/ Banyak-(Serakah)/ Seperti-(Orang lain)/ Saya”. Menurut Murai Rustle, dirinya di judul ini bisa lebih berkuasa di banding uang.

“Manipulasi di sini berartikan cara untuk berkamuflase, dengan sesuatu yang ada di dunia saat ini, entah itu alter ego, entah itu keberpura-puraan saya untuk membuat lagu cinta-cintaan yang terkadang memang harus saya buat untuk menafkahi diri saya, bahkan jual diri ke sana sini demi untuk bertahan hidup,” tulis Murai Rustle dalam keterangan persnya. “Lalu mengapa ‘Moneyfullasi’? ‘Moneyfullasi’ berartikan ‘Money Full As I’ yang kurang lebih saya sama berkuasanya seperti uang, bahkan melebihi itu.”

Menurut Murai, lebih baik seseorang mendahulukan kepentingannya dibanding dari pada rela menyakiti diri sendiri untuk mendapatkan kebahagiaan semu yang termanipulasi oleh kepentingan kelompok lain.

“Rapalkan pelayanan di hadapan perlawanan. Pertama di balik layar sentuh yang bisa bertahan. Percikan persiskan presisi tinggi settingan. Tv yang lemparkan brita hoax lanjut mainkan. Pastikan kau tak tahu omonganku,” carut Murai.

“Giovanni, let’s play this shit,” tutur Murai di awal lagu mengajak produsernya untuk mulai mengiringi carutannya. Nama yang ia sebut itu lah yang berpengaruh pada musik yang dimainkan Murai. Giovanni membubuhkan nuansa lo-fi serta jazz ala Nujabes ke dalam musik boombap Murai.

Giovanni sendiri merupakan bagian dari kolektif yang dibuat oleh Murai Rustle, Unhuman, bersama Ari Susilo, Arya Bimbi, Perezuamirael, dan beberapa nama lain. Murai Rustle sudah memulai karier rap-nya sejak 2017. Pada 2019, ia merilis sebuah EP bertajuk Hadapi-Hadapi berisikan enam trek yang di antaranya adalah “Aksara” dan “Singaraja”. Setahun selanjutnya, ia merilis album penuh berisi tujuh lagu yang memuat nomor “Lost”, “Jatuh”, dan “Pilu”.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Murai Rustle

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading