Makna Keluarga Bagi Kunto Aji

Kunto Aji, akhirnya menyapa kembali penikmat musik Indonesia lewat karya terbarunya berjudul “Salam Pada Rindu”. Dirilis dalam bentuk video musik terlebih dahulu, yang kemudian akan disusul dengan perilisan di seluruh digital streaming platform mulai tanggal 21 Juli 2022 mendatang.

Membahas mengenai lagunya, jika ditilik dari judul, orang akan berpikir lagu ini merupakan lagu tentang kerinduan. Hal itu tidak salah memang, namun yang Kunto Aji ingin tekankan dilagu ini adalah mengenai keluarga.

“Lagu ini saya tujukan pada keluarga,” ungkap Kunto Aji dalam keterangan pers. “Keluarga disini maknanya luas, karena menurut saya, keluarga bukan hanya orang yang sedarah tapi juga orang-orang yang kita pilih dalam kehidupan kita. Merekalah orang-orang yang paling dekat dengan kita,” lanjutnya.

Menurut Kunto Aji, keluarga merupakan bagian yang selalu ada dalam hati dan jiwanya. Sehingga, dia merasa, saat jauh dengan keluarganya, rasa rindu dengan kehangatan yang dia rasakan dalam keluarga itupun muncul. Tidak hanya ditulis oleh Kunto Aji, untuk lagu ini, dia juga ikut mengambil bagian sebagai Produser bersama Afif Gifano dan Pandji Akbari. Sementara itu, Mohammed Kamga juga turut membantu sebagai Vocal Director sekaligus Backing Vocal, sementara proses Mixing oleh Ano Stevano dan Mastering oleh Dimas Pradipta.

Memberi durasi lagu sepanjang 6 menit, tentu tidak biasa bagi seorang Kunto Aji. Namun, hal tersebut tentu ada alasannya. Dia mengatakan bahwa dalam lagu ini, dia ingin menuangkan rasa yang timbul saat seseorang mengenang akan keluarga mereka “Saat membicarakan keluarga, kenangannya pasti bermacam-macam, ada manis atau pahit. Walau memang lebih banyak manisnya,” kata Kunto Aji.

“Jadi, di lagu ini, saya coba menangkap itu dengan segala alur naik turun layaknya saat kita bersama keluarga kita karena saya ingin menangkap semua emosi yang berkaitan dengan kenangan akan keluarga.” Pungkas Kunto Aji.

Single “Salam Pada Rindu” kini sudah bisa disimak di kanal YouTube Kunto Aji.

Editor: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Kunto Aji

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading