Majalah Fesyen Klasik STREET, Kini Dirilis Versi eBook

Jika nama Shoichi Aoki tidak menghadirkan kesan menarik bagi kalian, mungkin artikel ini bisa sedikit memberi gambaran tentang karya dari sang fotografer streetwear di Jepang yang dengan gigih menghasilkan ragam foto serta info menarik dan disatukan dalam sebuah majalah yang dinamakan STREET.

Dilahirkan di Tokyo pada tahun 1955, Shoichi Aoki memulai jejak karyanya di pertengahan tahun 1980-an dengan mendokumentasikan berbagai evolusi streetwear dari kaum muda di Tokyo. Yang menarik dari sana adalah alih-alih mengikuti tren yang ada di Amerika dan Eropa, mereka malah menggabungkan berbagai gaya klasik dari tradisi di Jepang, seperti kimono, ikat pinggang obi dan sandal geta dengan pakaian hasil buatan sendiri dengan pendekatan baru yang berfokus pada kustomisasi.

 

Shoichi Aoki. (bluenews.com.ng)

 

Kini melakukan kegiatan jalan-jalan di luar rumah mungkin tidak dapat seenak jidat dilakukan, berbelanja keperluan fesyen pun terpaksa dilakukan di kamar, namun bukan berarti arus informasi harus terputus dan kita kita tidak bisa menikmati beragam perkembangan fesyen. Untuk itu maka majalah STREET pun dihadirkan kembali dalam secara digital dengan merilis eBook dari ratusan edisi majalahnya.

Hal ini merupakan langkah terbaru sejak 25 tahun berdirinya majalah ini, hanya dengan USD 30 para pengunjung bisa mendapatkan 10 edisi Book dari majalah STREET. Keseluruhan arsipnya sendiri memiliki kurang lebih 3.600 halaman yang membahas mulai dari sejarah fesyen dan cerita awal majalah ini sejak tahun 1985.

 

Koleksi sampul majalah STREET.

 

STREET, yang didirikan oleh Shoichi Aoki, telah mendokumentasikan ragam perjalanan dari perkembangan streetwear yang ada di seluruh dunia. Dan, dalam perjalanan karirnya, Aoki membuat satu lagi majalah bernama FRUiTS yang didedikasikan hanya untuk fesyen dari kultur Harajuku dari tahun 1997 hingga 2017, yang dikenal dengan gaya avant-garde-nya yang maksimal.

Foto yang diarsipkan dari FRUiTS juga disebar secara daring melalui paltform Instagram. Majalah ebook STREET telah tersedia untuk dibeli dan diunduh melalui toko online mereka. Karantina atau tidak, panjang umur street fashion!

 

 

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip street-eo.com

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading