Lukisan Kanvas dan Animasi di Video Lirik Rendy Pandugo untuk single ‘B.Y.L’

Rendy Pandugo, seorang solois yang baru saja meluncurkan video lirik untuk salah satu singlenya ‘B.Y.L’. Video lirik yang hadir dengan visual lukisan kanvas yang coba digabungkan dengan animasi oleh Rendy Pandugo. Setelah sebelumnya merilis mini album yang diberi nama “See You Someday”, Single ‘B.Y.L’ juga masuk kedalam deretan nomor di mini album “See You Someday”.

Sejatinya, video lirik ini dibuat untuk menyampaikan pesan dan cerita dari singlenya itu sendiri ‘B.Y.L’ melalui gambar lukisan kanvas dari cat acrylic, menunjukan Gedung-degung yang tinggi dengan cahaya-cahaya lampu yang dibuat animasinya. Selain itu diperlihatkan juga sosok seorang pria yang sedang duduk seolah sedang menunggu di salah satu gedung apartemen tanpa atap. Video lirik ini terus bertansisi dari suasan pagi hingga malam dan terus berulang, ditunjukan dengan lampu-lampu gedung yang secara bergantian menyala dan lalu padam.

Ini menunjukan bagaimana orang itu masih duduk dan tidak beranjak selama beberapa hari, seolah menunggu kekasihnya kembali, walaupun sang kekasih telah meninggalkannya. Ruangan yang tidak beratap, merupakan simbol situasi yang penuh kerentanan. Rumah yang seharusnya menjadi tempat berteduh dan perlindungan, kini telah kehilangan fungsi itu. Tanpa atap, rumah tidak dapat lagi menjadi tempat perlindungan. Sementara elemen lanskap kota dipilih untuk menggambarkan perasaan dimana ketika seseorang dikelilingi oleh lampu kota dan kebisingan, terutama saat sedang sendirian, dapat membuat seseorang merasa semakin kesepian.

Setelah melihat dan mendengarkan video lirik ‘B.Y.L’ secara utuh, apa yang ingin disampaikan melalu single ini sudah padat dikemas dalam video yang bahkan secara konsep sangat sederhana, namun luar biasa, dengan pemilihan animasi lukisan dan pemilihan warna yang cukup gelap, menambah lagi suasana sendu untuk single ‘B.Y.L’.

 

Untuk urusan single ‘B.Y.L’, lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Rendi Pandugo bersama rekan sesame musisinya, Petra Sihombing. Single ‘B.Y.L’ terinspirasi oleh cerita dan kisah nyata salah satu temannya Rendi Pandugo, yang secara tiba-tiba ditinggalkan oleh pasangannya tanpa alasan yang jelas. Namun temannya rendi pandugo tersebut memilih untuk tetap bertahan dan mencintai sang istri, dan tetap menunggu istrinya untuk kembali. Single ‘B.Y.L’ merupakan singkatan dari ‘Before You Left’, “B.Y.L” merupakan suatu harapan untuk bisa diberikan waktu lebih untuk bisa “sembuh”, dengan cara tetap hidup dalam cinta yang pernah mereka miliki bersama dan juga untuk memproses semua sebelum dia pergi.

 

Melalui mini album ‘See You Someday’ yang sebelumnya sudah dirilis. Rendy Pandugo ingin menghadirkan musik yang nyaman dan ia tahu akan digemari oleh para pendengar setianya, sambil memulai lembaran baru di tahun 2021. Rendy memperkenalkan kembali dirinya sebagai penyanyi dan penulis lagu, kini dengan sentuhan yang lebih modern dan komposisi musik yang lebih kompleks. Dengan pencampuran nuansa pop, piano dan juga ballad,  Rendi Pandugo berharap dapet terhubung kembali dengan penggemar setianya, dan juga dapat meraih pendengar-pendengar yang baru tentunya.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Asset dari Rendy Pandugo

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading