Sebagai salah satu band yang namanya telah tersohor hingga ke taraf mancanegara, Lightcraft akan kembali bertandang ke negeri Thailand untuk melakukan pertunjukan di festival bergengsi bernama Big Mountain Music Festival 2019. Ini bukan pertama kalinya unit indie rock tersebut berkunjung ke Negeri Gajah Putih. Dimulai pertama kali di tahun 2008, lalu pada mini tur regional di tahun 2013, dan saat edisi perdana Bangkok Music City bulan November 2019 lalu.

“Sebenarnya ada sedikit cerita di balik penampilan mendatang kami di Big Mountain Music Festival. Sekitar delapan atau sembilan tahun silam. Singkat cerita, ada ketertarikan dari pihak festival, dan tawaran untuk tampil pun sudah masuk. Namun situasi saat itu menghalangi kami untuk dapat ikut berpartisipasi,” terang vokalis Imam. “Untungnya, sekarang kami diberikan kesempatan kedua. Kami pun sangat antusias menyambut undangan tersebut. Walaupun telah menunggu lama, tetapi festival sekaliber ini sangatlah pantas untuk dinanti!”

Bertempat di The Ocean Khao Yai di daerah Nakhon Ratchasima, festival ini menyiapkan delapan panggung, dimana lebih dari 200 penampil lokal Thailand dan internasional bakal tampil pada edisi tahun ini. Perhelatan kali ini digadang-gadang menjadi yang terbesar serta sekaligus merupakan perayaan ulang tahun kesepuluh dari Big Mountain Music Festival, yang akan menampilkan jagoan-jagoan lokal seperti Phum Viphurit, Gym And Swim, Slot Machine, Bodyslam, Polycat, dan Yellow Fang, dan juga nama-nama internasional seperti Sweet John (Taiwan), Little Tempo (Jepang), Orange Ocean (Tiongkok), hingga Surl (Korea Selatan).

“Ini merupakan sebuah berkah tersendiri diberikan kesempatan untuk tampil di festival besar yang sangat ternama. Menjadikan ini sebagai penutup sempurna untuk tahun yang sangat dahsyat bagi kami. Kami akan merayakan ulang tahun ke-15 kami tahun depan, semoga akan menjadi tahun yang baik juga seperti 2019,” ujar gitaris Fari.

Di perhelatan Big Mountain Music Festival 2019 ini, Lightcraft dijadwalkan akan bermain di Egg Stage pada tanggal 7 Desember 2019.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Lightcraft