The Highway adalah Haddid (vokal/gitar), Beck (bass), Repa Dani (drum), dan Indrabayu (gitar). Mereka hadir di tahun 2015 dan sempat mengalami beberapa kali pergantian personil. Dalam catatan pengkaryaannya, mereka telah merilis satu single berjudul “Makna” pada 2016, namun pada tahun 2018 single ini kembali dirombak dan juga dibuatkan versi video liriknya.

Kali ini, mereka kembali lagi merilis satu single, judulnya “Lepas”. Perbedaan aransemen dan materi sangat terlihat jelas dari single sebelumnya. Lagu yang tercipta berdasarkan alter ego salah satu personil ini memiliki tempo yang sangat khas dengan jenis musik punk rock era 2000-an.

“Gebukan drum yang cepat dan agresif memperkental kesan klasik penuh semangat yang menggebu. Pesan yang disampaikan juga tergolong cukup mudah di pahami, seperti pesan di lagu sebelumnya, motivasi menjadi tema di lagu ini,” terang mereka di press release yang kami terima.

Selain aransemen yang sangat berbeda, lagu ini juga menyimpan sebuah lantunan yang berisi suara wanita dengan tempo yang berbeda dari keseluruhan musik yang ada. Ijes (agnimaya / haybomb ) adalah orang yang ada dibalik suara tersebut. Selain merilis dalam bentuk audio, single ini juga dikemas dengan bentuk video lirik yang sudah bisa dinikmati di kanal Youtube milik mereka.

Penggarapan video yang semuanya dikerjakan secara mandiri ini sangat minimalis. Mengandalkan teknik one take dan digabungkan secara bersamaan dengan metode slow motion dan fast motion. Ide dasar dari tema video ini berangkat dari lagu itu sendiri, yang bercerita tentang para petangguh yang gigih, dan tidak pernah patah arang oleh kegagalan. Satu hal yang mereka yakini, untuk mendapatkan kualitas yang mumpuni, tidak perlu terlalu berpatok dengan biaya besar. Cukup ide menarik yang diselaraskan dengan proses kreatif, maka hasil yang bagus akan didapatkan.

Oh ya, single ini sendiri telah dilepas pada 25 Desember 2019 kemarin. Jadi, silahkan dinikmati.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip The Highway