Lebur Dimensi Dalam Video Terbaru Rollfast

Pasca menuai keriuhan atas pencapaian musikalitasnya lewat album Garatuba, kini grup psikedelia / ekperimental rock asal Bali bernama Rollfast, baru-baru ini (25/1) telah merilis video liriknya yang ke empat untuk nomor lagu berjudul “Lintas Dimensi Relationship (LDR)”. Trek orisinil yang penuh pukau nan mengawang ini menghadirkan konsep 3D modeling untuk videonya, di mana batas dimensi saling melebur dan mempertontonkan situasi asmara dari sudut pandang yang barangkali janggal. LDR merupakan lanjutan single dari salah satu album terbaik Indonesia 2020, Garatuba.

Menurut Rollfast, video lirik LDR merupakan penutup dari rangkain cerita dari dunia imajinatif Rollfast untuk album Garatuba. Perlu dicatat, sebelumnya mereka juga telah melepas tiga video lirik, diantaranya Pajeromon, Grand Theft Atma, dan Garatuba. Layaknya LDR, ketiga video yang dihadirkan sebelumnya pun mengusung konsep yang sama, visual futuristik yang berkelindan dengan kearifan lokal. Video lirik tersebut sudah terlebih dahulu tayang di kanal YouTube. Beserta virtual konser yang diseleggarakan pada bulan November 2020 lalu.

Di wilayah musikalitas, lagu cinta lintas dimensi ini sejatinya bercerita tentang fenomena rekayasa hubungan asmara antara manusia dan roh/jin. Atau dalam fenomena lain, yang serupa tapi tak sama pada jaman sekarang; delusi antara wibu (manusia penggila anime) dengan waifu (tokoh anime yang menjadi pacar khyalan wibu). Di sisi aransemen,lagu ini juga dibuat selaras mungkin dengan tema yang disampaikan, semua saling mengisi dan setara disetiap instrumen. Bebunyian adiktif yang bersumber dari synthesizer pun mustahil untuk diabaikan, nada pelog yang berupaya mengadopsi alunan gamelan bambu Jegong. Mungkin ‘LDR’ merupakan lagu yang paling pop dalam album penuh Garatuba, di mana ini menunjukan mutu sebuah lagu band rock yang beranjak naik kelas.

Di bulan November 2020 lalu, trio eklektik yang digawangi oleh Agha Praditya (vokal), Arya Triandana (bass), dan Bayu Krisna (gitar) ini sempat menghadirkan konser virtual dengan suguhan berbeda  dari konser virtual pada umumnya, yakni mereka menyuguhkan sebuah perspektif dari tim produksi & pecalang dan disiarkan secara gratis di website resmi mereka r0llfast.com .

Selintas untuk album penuh ‘Garatuba’, album ini merupakan album studio kedua mereka yang dilepas  dipertengahan tahun lalu. ‘Garatuba’ telah banyak mendapat ulasan dan respon positif dari para penikmat musik, media dan para kritikus, entah itu di dalam maupun di luar negeri. Dan mentereng dibanyak tangga lagu terbaik selama tahun 2020. Media musik legendaris sekaliber New Musical Express (NME) memuji album ini sebagai sebuah “psikedelia yang agresif”. Album ini sendiri mulai dikerjakan pada awal tahun 2018, dan sempat tertunda karena banyaknya bongkar pasang lagu dan instrumen, hingga masa di mana mereka juga harus kehilangan dua personil asli yaitu, Gungwah Brahmantia dan Ayrton Willem yang mengundurkan diri secara baik-baik setelah merekam 6 dari 8 lagu yang ada di album ini karena kesibukan pribadi.

Album “Garatuba” dirilis secara fisik beserta booklet pendamping, T-Shirt, dan Figure Action. Sedangkan untuk versi digitalnya baru tersedia di gerai musik digital The Store Front. Sementara menunggu untuk dirilis penuh dipelbagai layanan pemutar musik digital, kalian bisa menyimak terlebih dulu video LDR. Selamat berfantasi!

Teks:Dicki Lukmana

Visual: Arsip dari La Munai Records

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading