Langkah Selanjutnya Mindless Lewat Demo EP 2022

Tak bisa dipungkiri, satu tahun ke belakang musik hardcore kembali menemukan gairahnya. Banyak nama segar muncul dari berbagai daerah Indonesia, terutama Bandung, Malang, dan kota lainnya. Datang dari Bandung, nama Mindless cukup mencuri perhatian. Satu tahun berselang dari terbentuknya, unit pendatang baru ini telah melepas album mini pemanasan bertajuk Demo EP 2022.

Setelah formasi dirasa solid, kuintet yang dihuni oleh Adit (Vocal), Irfan (Guitar Lead), Rifky (Guitar Rhythm), Irham (Bass), dan Elbas (Drum) ini segera menggarap karya orisinilnya dan ini tak perlu waktu lama untuk mematangkannya. Namun ketika penggarapan berlangsung ada, kendala pun terjadi yang membuat album debutnya ini harus tertunda.

Demo EP 2022 itu jatuhnya semi-track, jadi pertama kali rekaman itu sekitar November, itu udah yang prefesional pake metronom gitu, cuma gak jadi dan gak keburu karena yang ngegarapnya ada urusan yang mengharuskan dia cabut ke Bali. Terus emang sebenernya tiga lagu itu udah jadi guide buat metronomnya, tapi ternyata jadi gagal semua. Akhirnya rekaman harus ulang dari awal lagi di bulan Januari.” ucapnya.

Setidaknya ada tiga nomor lagu yang mereka hadirkan di album mini ini, termasuk; “Choosing Life”, “Holding On”, dan “We Are All The Same”. Dari trek pertama unsur musik hardcore sudah mulai kentara. Ketiganya terdengar lugas dengan balutan sound yang terdengar mentah.

Adit yang bertanggung jawab untuk departemen lirik Mindless mengaku bahwasanya ketiga trek tersebut itu didasari oleh keresahan-keresahan yang dirasakannya. “Holding On” dan “Choosing Life” ditulisnya ketika ia mulai memerhatikan jalan hidup orang-orang di sekitarnya, trek tersebut layakanya sebuah ikrar untuk dirinya agar tetap teguh untuk memegang nilai-nilai fundamental dalam menjalani hidup.

Sementara “We Are All The Same” merupakan sebuah trek dengan latar cerita yang umum ditemukan dalam lirik band hardcore, menyuarakan tentang kesetaraan di tengah perbedaan yang sangat variatif antar manusia.

“Selain itu lagu ini juga bisa untuk menyinggung budaya senioritas di skena, soalnya berdampak untuk band-band baru kayak lebih bikin takut ngeluarin rilisan karena takut dikomenin, jadi lebih ke minder banget lah.” Tambah Irham.

Kemunculan Mindless di kancah musik hardcore sendiri mendapat sambutan yang cukup baik, salah satu buktinya adalah mereka sempat menggelar sebuah ranggkain tour “Case in Mindless Tour 2022” yang menyambangi tiga kota, diantaranya Cikarang, Tangerang, dan Depok. Namun sayangnya mereka harus membatalkan tampil di Tangerang, acara terpaksa harus dibubarkan karena masalah perizinan.

Kembali ke band, Mindless sendiri bisa dikatakan sebagai gabungan dari dua band berbeda. Menurut Irham, sebelumnya para personil masing-masing memiliki bandnya sendiri, sebelum akhirnya mereka bertemu dengan member lain dan solid dengan nama Mindless.

“Pertamanya (terbentuk) aku sama Rifky mau bikin band hardcore, tapi nggak nemu-nemu member yang lain. Terus ketemu sama Irham, Irfan, dan Elbas, jadi aja bandnya.” Ucap Adit menceritakan bagaimana awal terbentuknya Mindless.

“Jadi sebenernya Mindless itu gabungan dari dua band, sebelumnya aku sama Irfan juga punya band hardcore, tapi waktu itu masih ganti-ganti personel, nah klopnya itu ketika bareng di Mindless ini.” Tambah Irham.

Demo EP 2022 dari Mindless kini sudah tersedia secara digital melalui kanal streaming Bandcamp dan Soundcloud.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Mindless

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading