Langkah Baru NIL, Moniker dari Vokalis Cause

Band pop kebanggaan kancah samping Bogor, Cause, telah memutuskan untuk bubar ditandai dengan diadakannya pesta perpisahan mereka 2017 silam. Namun, kabar terbaru muncul dari sang vokalis, Randi Asra Dahnial, memulai proyek baru dengan moniker, NIL.

Dengan nama tersebut, ia meluncurkan nomor keduanya yang berjudul “Balada Pekerja”. Lagu tersebut dibungkus dengan melodi dan notasi vokal Randi yang unik namun catchy.  “Balada Pekerja” memiliki lirik yang kuat yang berbicara soal dinamika pekerja. Menurut Randi, lagu ini bercerita dari perspektif seorang calon karyawan.

“Waktu itu gua sedang membayangkan seorang calon karyawan yang sedang dalam perjalanan dari satu tempat melamar ke tempat lamaran terakhirnya walau kepikiran soal susahnya cari kerja, kalah langkah sama beberapa orang yang punya privilege, dan lain-lain,” tutupnya.

Nama NIL tersendiri terinspirasi dari bubarnya Cause. Diambil dari Bahasa Inggris, arti NIL artinya kosong atau non-existent. Proyek ini awalnya adalah ajakan proyek musik terbuka dirinya untuk rekan-rekan selingkaran yang ingin bermusik bersama.

“Berangkat dari bubarnya band gua yang lama, kepikiran kalau punya proyek musik yang membernya ‘non-existent‘ yang artinya enggak akan bubar. Toh, enggak ada membernya juga,” ungkapnya.

Sebelumnya, NIL sudah merilis nomor debut dengan judul “Cintamu Merdeka”. Sama seperti “Balada Pekerja”, tembang tersebut juga dirilis di bawah naungan label asal Bogor, Hujan! Rekords.

Seperti dibahas sebelumnya, proyek sebelumnya dari Randi Asra Dahnial, Cause, telah bubar sejak 2017. Cause sendiri telah mewarnai kancah musik Kota Hujan sejak 2019. Randi bersama Dito Buditrianto (gitar), Ryan Rifkianda (bas), Edu Christianto (kibor/synthesizer), dan Dely Tambunan (drum) telah melahirkan beberapa karya unggulan seperti, “A Tale of A Lonely Man”, “Under Your Attension”, dan “Ode II”. Mereka juga telah melepas dua album, Dialog pada 2010, dilanjutkan dengan The Man in Suit enam tahun berselang. Di antara album tersebut mereka melepas sebuah album mini bertajuk B-Side & Other Stuff pada 2012 sebagai jembatan antara Dialog dan The Man in Suit.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari NIL

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading