Langkah Baru NIL, Moniker dari Vokalis Cause

Band pop kebanggaan kancah samping Bogor, Cause, telah memutuskan untuk bubar ditandai dengan diadakannya pesta perpisahan mereka 2017 silam. Namun, kabar terbaru muncul dari sang vokalis, Randi Asra Dahnial, memulai proyek baru dengan moniker, NIL.

Dengan nama tersebut, ia meluncurkan nomor keduanya yang berjudul “Balada Pekerja”. Lagu tersebut dibungkus dengan melodi dan notasi vokal Randi yang unik namun catchy.  “Balada Pekerja” memiliki lirik yang kuat yang berbicara soal dinamika pekerja. Menurut Randi, lagu ini bercerita dari perspektif seorang calon karyawan.

“Waktu itu gua sedang membayangkan seorang calon karyawan yang sedang dalam perjalanan dari satu tempat melamar ke tempat lamaran terakhirnya walau kepikiran soal susahnya cari kerja, kalah langkah sama beberapa orang yang punya privilege, dan lain-lain,” tutupnya.

Nama NIL tersendiri terinspirasi dari bubarnya Cause. Diambil dari Bahasa Inggris, arti NIL artinya kosong atau non-existent. Proyek ini awalnya adalah ajakan proyek musik terbuka dirinya untuk rekan-rekan selingkaran yang ingin bermusik bersama.

“Berangkat dari bubarnya band gua yang lama, kepikiran kalau punya proyek musik yang membernya ‘non-existent‘ yang artinya enggak akan bubar. Toh, enggak ada membernya juga,” ungkapnya.

Sebelumnya, NIL sudah merilis nomor debut dengan judul “Cintamu Merdeka”. Sama seperti “Balada Pekerja”, tembang tersebut juga dirilis di bawah naungan label asal Bogor, Hujan! Rekords.

Seperti dibahas sebelumnya, proyek sebelumnya dari Randi Asra Dahnial, Cause, telah bubar sejak 2017. Cause sendiri telah mewarnai kancah musik Kota Hujan sejak 2019. Randi bersama Dito Buditrianto (gitar), Ryan Rifkianda (bas), Edu Christianto (kibor/synthesizer), dan Dely Tambunan (drum) telah melahirkan beberapa karya unggulan seperti, “A Tale of A Lonely Man”, “Under Your Attension”, dan “Ode II”. Mereka juga telah melepas dua album, Dialog pada 2010, dilanjutkan dengan The Man in Suit enam tahun berselang. Di antara album tersebut mereka melepas sebuah album mini bertajuk B-Side & Other Stuff pada 2012 sebagai jembatan antara Dialog dan The Man in Suit.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari NIL

Catatan Perjalanan Rich Brian di Album Mini Brightside

Rapper, penyanyi serta produser asal Indonesia, Rich Brian baru-baru ini resmi merilis album mini terbarunya yang bertajuk Brightside. Lewat album mini berisi 4 lagu ini Rich Brian mengatakan bahwa Brightside merupakan...

Keep Reading

Keseruan Selanjutnya di Soundhead Gig Vol. 3: Parsing Echoes

Tak bisa dipungkiri, pandemi yang terjadi beberapa tahun terakhir telah berhasil meluluhlantakan berbagai lini industri hiburan, tak terkecuali industri pertunjukan musik. Namun, ditengah tantangan yang ada, para pelaku industri terus...

Keep Reading

Kisah Cinta di Balik Pertunjukan Musik dari The Rang-Rangs

Trio punk rock asal Bekasi, The Rang-Rangs, kembali melanjutkan cerita asmaranya yang tak konvensional. Dalam materi terbarunya kali ini The Rang-Rangs mencoba mengangkat cerita persoalan jatuh hati di arena pertunjukan...

Keep Reading

Album Tersembunyi Mendiang January Christy Akhirnya Dirilis

Di era ‘80-an, tak sedikit orang yang mengidolakan January Christy. January Christy merupakan penyanyi pop jazz Indonesia yang unik. Range vokalnya tidak lebar, namun suaranya yang berat memberikan kenyamanan dan...

Keep Reading