Lagu Yang Ramah Tongkrongan Ala SoundWave

Sah-sah aja walaupun sudah tidak lagi muda atau berada di penghujung muda, kamu meneriakan kebebasan yang menurut kamu baik, saya ingat percakapan dengan teman yang usianya sudah tidak lagi muda, dia mengatakan “Walaupun secara biologis saya sudah tua, namun cara pandang hidup dan berekspresi boleh lah tetap muda”. Sebelum menjadi dewasa dan bijak kamu harus melalui muda dan bodoh dulu, setidaknya itu yang yang melekat dalam menjalani hidup di umur yang sudah tidak lagi muda.

Dalam berkarya, inspirasi tidak hanya datang dari dalam, bisa saja datang dari percikan luar atau sesuatu yang telah terjadi di masa lampau. Begitulah yang dirasakan Soundwave, duo Jevin & Rinni baru saja merilis karya dengan mood yang sangat muda dan bebas berjudul “Liberty”.

Lagu yang baru saja rilis di awal tahun 2021 ini menawarkan sisi gembira dengan nuansa Pop Dance Electronic, mereka menafsirkan bahwa lagu ‘Liberty’ ini memang sedikit berbeda dengan lagu-lagu Soundwave sebelumnya karena lagu ini lebih “dance- able, sing-able, dan lebih fresh,” ungkap Rinni.

 

Terinpirasi dari kehidupan keduanya di masa muda, single ini seakan menampilkan sosok anak muda yang bebas berekspresi, eksplorasi banyak hal, bersenang-senang tanpa harus memikirkan hal-hal yang serius. “Lagu ini sebenarnya mewakili anak muda jaman sekarang juga karena rata-rata anak muda akan punya sisi Liberty,” jelas Jevin. “Tapi, kebebasan yang dimaksud di ‘Liberty’ ini adalah kebebasan untuk melakukan hal apapun in a good way. Biarpun sebenarnya jaman kami muda tidak sama, tapi behaviour anak muda rata-rata akan sama,” lanjutnya.

 

Setelah mendengarkan dari keseluruhan lagu “Liberty”, saya katakan bahwa lagu ini lumayan ramah tongkrongan, dan sangat cocok jika kamu berkendaraan kelliling kota dengan gelas soda atau lebih, mengingat dari foto cover lagu ini pun memberikan kesan petualangan Mengambil latar kota Jakarta, photoshoot dilakukan di dalam mobil.. Lepas photoshoot tersebut, Jevin dan Rinni bahkan sempat menghabiskan waktu berkeliling Jakarta.

Ditulis dan di komposisi oleh Jevin dan juga Rinni, lagu ini juga ikut dibantu oleh Iqbal MSSVKNTRL dalam proses Mixing dan Mastering-nya. Selain itu, Aldrienko Pakusadewo juga membantu untuk mengisi additional gitar. Proses pembuatan lagu ini sendiri bisa dibilang sangat seru, karena baik Jevin maupun Rinni berusaha untuk menyelam kembali ke masa-masa muda mereka. Rinni bahkan mengungkapkan bahwa selama proses pembuatan lagunya, dia jadi teringat masa-masa ‘bebas’ saat muda.

 

Single ‘Liberty’ ini menjadi penanda era baru dari Soundwave secara indie di label yang mereka dirikan, Gunfingerz. Di tahun ini pula, mereka akan merilis beberapa single terbaru lagi sekaligus mempersiapkan album terbaru yang rencananya juga akan dirilis di tahun ini.

 

Teks: Alkadri

Visual: Arsip dari Gunfingerz

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading