Kritik Soulfood di Nomor Teranyar "Pondafine"

Trio RnB/Soul asal pulau Dewata, Bali, Soulfood, kembali hadir lewat karya teranyar yang bertajuk “Pondafine”. Di single terbarunya ini nampaknya Soulfood masih setia di jalur ‘african music influence’ yang juga telah menjadi karakter dari band yang diisi oleh Bam George (gitar), Lyta Lautner (vokal) dan Palel Atmoko (Drum) ini.

Sebelumnya, grup asal Denpasar telah merilis “Come and Get Stoned”. Lebih jauh lagi, mereka juga sempat merilis dua single, antara “Misay”, Ain’t No Money It’s Okay” serta satu buah mini album bertajuk It Won’t Over di bawah label Pohon Tua Creatorium.

Jika ditarik ke belakang, sebetulnya musik di lagu “Pondafine” sendiri masih memiliki benang merah dengan lagu-lagu yang telah ditulis oleh Soulfood. Diawali dengan bahasa Afrika, “Pondafine”. Soal lirik, Pondafine punya arti mendalam bagi Soulfood. Memiliki arti ‘tidak baik baik saja’ yang diambil dari bahasa Somalia ini adalah unjuk kritik atas reaksi Soulfood sebagai musisi terhadap situasi yang kerap terjadi di tanah air hari ini, termasuk isu tentang korupsi, perusakan lingkungan dan lain sebagainya.

“Lagu ini menceritakan tentang keambisiusan orang dalam mengejar duniawi dengan menghalalkan segala cara, sehingga lalai dalam memperhatikan orang tersayang,” ungkap Soulfood dalam siar persnya. “Ponda?ne seakan memberikan pesan pesan lebih dalam lagi, agar kita memperhatikan setiap langkah dalam menjalani sesuatu yang besar seperti ambisi, karena orang yang kita cintai akan ikut merasakan dampak langkah apa yg kita ambil,” lanjut Soulfood.

Di wilayah musikalitas, Soulfood juga masih setia dengan pembawaan musiknya yang eksotis. Dengan tempo medium santai dengan beat drum yang mendekati Tony Allen, tentu lagu ini sangat nyaman untuk kita sedikit bergoyang mengikuti ritme yang disajikan. Notasi-notasi repetitif bercampur ketukan khas reggaeton klasik menambah eksotisme dari lagu ini.

Pulau Bali memang tak pernah kehabisan musisi berkualitas, lewat single teranyarnya ini Soulfood seakan mengajak telinga dan mata kita untuk memandang lebih jauh dan menyelami lebih dalam tentang musik-musik yang ada di Bali. Dengan lirik yang mendalam diiringi musik yang tak sembarang, agaknya Soulfood adalah salah satu kelompok yang perlu diperhitungkan keberadaannya.

Single “Pondafine” juga merupakan salah satu nomor yang masuk di Kompilasi Irama Kotak Suara Terbaik Vol. 1. Dalam kompilasi ini setidaknya Pop Hari Ini menghadirkan 12 single baru dari 12 band atau musisi yang berkolaborasi dengan produser dan label rekaman musik. Band atau musisi yang terpilih merupakan hasil kurasi dari program Irama Kotak Suara oleh tim editorial Pop Hari Ini. Proses kolaborasi ini alasan bahwa setiap karya musik dari berbagai daerah di Indonesia patut diapresiasi dan diperdengarkan ke khalayak lebih luas lagi. Dan, Soulfood, grup asal Bali adalah salah satunya.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Soulfood

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading