Krisis Hiburan Iga Massardi dan Curhatan Masa Swakarantina

Tak semua orang mungkin bisa beradaptasi dengan kondisi swakarantina dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar, dan banyak pula yang mungkin tak mengindahkannya. Tapi bagi seorang seniman atau pun musisi, situasi sekarang dengan segala dinamikanya bisa jadi pemantik yang melahirkan ide untuk berkreasi. Itu pula yang terjadi dengan seorang Iga Massardi, yang mungkin lebih  dikenal sebagai gitaris dan frontman dari Barasuara.

Aktivitas yang terbatasi, kegiatan panggung yang terhenti, dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah juga tak mudah bagi Iga. “Awal-awal terasa susah karena harus adaptasi. Tapi sekarang gua jadi lebih produktif. Gua memaksa diri untuk bikin musik setiap hari karena itu yang bikin gua waras pada akhirnya,” katanya akan penyesuaian yang harus dilakukannya.

Tak muluk-muluk mau melahirkan mahakarya di masa swakarantina, hasilnya adalah proyek solo iseng yang menelurkan sebuah lagu berjudul “Krisis Hiburan”. “Karena kelamaan di rumah. Ide dan inisiatifnya juga muncul spontan begitu saja di teras rumah. Lagi gitaran santai tiba-tiba nemu notasinya. Gua pikir lucu juga ini ringan dan catchy. Bikin bagan dasarnya kemudian tulis liriknya. Karena notasinya ringan, tema lirik juga gua bikin yang ringan tapi relevan.” Terangnya akan lagu yang liriknya sedikit banyak semacam curhatan bapak-bapak akan tantangan kehidupan domestik di masa pandemi ini, dari mulai cicilan hingga teror cuitan meteran listrik prabayar.

 

Cuplikan gambar dari video musik Iga Massardi “Krisis Hiburan”.

 

Merekam bagan kasar dan notasi utama lagunya dengan ponsel, Iga kemudian mencicil proses rekam vokal, gitar, synthesizer, bass dan drum programming di laptop-nya selama beberapa hari. “Proses dari nemu ide sampai selesai enggak terlalu lama, lebih lama di produksi rekaman karena gua banyak maunya,” ujarnya sambil terkekeh mengingat kerjanya yang perfeksionis.

Karena “banyak mau” itu pula kemudian dia menghubungi beberapa rekannya untuk berkolaborasi dalam pengerjaan lagu “Krisis Hiburan”. “Yang pertama gua kontak itu Yuyi sama Vega karena gua butuh backing vocals. Ternyata, Vega malah ngasih banyak ide untuk instrumentasi, dan idenya bagus banget akhirnya dipakai di rekamannya. Lafa, dia inisiatif untuk mengisi sendiri karena kami bersahabat, dan gua percaya sama taste-nya, gua persilakan dan ternyata memang isiannya sederhana namun efektif. Enrico gua ajak untuk ngerapiin drum yang gua bikin via MIDI. Dan, dia juga ngasih kontribusi penting karena setelah dari tangan dia, drumnya jadi lebih hidup padahal itu semua basic-nya software.” Paparnya menceritakan keterlibatan Yuyi Trirachma, Vega Antares, Lafa Pratomo, dan Enrico Octaviano.

Akan proses kerja rekaman di rumah untuk proyek solonya ini, sebagai musisi Iga jelas merasakan pentingnya peranan teknologi. Dirinya merasa kemudahan dan kecepatan produksi di era sekarang ini menjadi kemewahan tersendiri buat musisi. “Kita hampir enggak butuh dateng ke studio profesional lagi untuk dapetin sound yang bagus. Semua bisa dari rumah. Tentunya gua ngerasa sangat terbantu dengan kemajuan kualitas home recording sekarang, dan looking forward bakal ada apa lagi di masa depan.” Terangnya.

Iga juga menerangkan proses yang cukup memakan waktu dari pengerjaan “Krisis Hiburan” adalah mixing – yang juga melibatkan Vega Antares – dan mastering yang dikerjakan oleh LANDR, dengan kerja penyuntingan yang dibantu oleh Rama Harto Wiguna.

 

 

Single “Krisis Hiburan” yang dilepas pada 22 Mei lalu lewat layanan musik dalam jaringan, juga disertai sebuah video musik komikal yang disutradarai dan disunting oleh Yogi Kusuma. Video musiknya melibatkan Saleh Husein, Petra Sihombing, Riko Prayitno, Jason Ranti, Kiki Aulia Ucup, Diaz Hensuk, Junior Soemantri, dan Abenk Alter sebagai figuran yang memperkuat pesan kehidupan domestik swakarantina seperti tema lagunya.

Akan pengerjaan video musik itu pun sebenarnya di luar rencana awal. Niatnya, Iga hanya ingin Yogi membuatkannya video lirik untuk “Krisis Hiburan”. “Gua kasih dia dengar lagunya, simple tadinya. Tapi kemudian dia bilang ‘gua bikinin ya, lo enggak usah nanya konsep dan enggak boleh revisi’. Tapi, ya itu karena dia sahabat gua jadi percaya aja sampai kemudian diberi videoklipnya sudah jadi. Terharu banget banyak anak-anak yang ikutan,” ujarnya sumringah karena sama sekali tidak diberi informasi sedikit pun akan proses hingga dia terima hasil akhirnya.

 

 

Video musik yang dilepas sekitar seminggu lalu itu pun sempat direspon oleh rekan satu band Iga di Barasuara, Gerald Situmorang. Ia memainkan instrumental gitar “Krisis Hiburan” versi jazzy di video yang dilepas di kanal YouTube pribadinya dua hari lalu (28/05). “Dia Energizer Bunny, energinya enggak abis-abis. Senang banget gua dia surprise bikin cover. Niat banget lagi,” ujar Iga sambil tertawa.

Sengaja memang Iga tidak mengajak rekan bermusiknya di Barasuara. “Memang gua pengin memisahkan lagu ini dari Barasuara biar fresh juga di gua,” katanya. Namun yang pasti selama masa swakarantina, sosok gitaris bermata sendu ini telah mempersiapkan beberapa lagu baru, baik untuk proyek solonya begitu pun untuk Barasuara. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

 

Teks: Farid Amriansyah

Visual: Arsip Iga Massardi/Rendha Rais

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading