Konser Format Baru dari The Changcuters

Di masa yang masih serba terbatas akibat adanya wabah Covid-19 saat ini, satu titik kebahagiaan pastinya bisa menjadi sebuah harapan besar. Entah bagaimana bentuknya, asalkan mampu menghadirkan kebahagiaan, pastinya semua orang akan sangat senang menyambutnya. Kondisi pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 memang memberikan dampak yang sangat besar bagi banyak lini, yang paling terlihat adalah gelaran konser. Kita semua tahu, hingga saat ini, perizinan untuk konser musik masih belum diberlakukan. Padahal banyak kegiatan yang sudah dijalankan kembali, hal ini pun banyak menuai pro dan kontra dari banyak pihak. Tapi, mau tidak mau protokol harus tetap dijalankan agar kita bisa kembali berkegiatan tanpa rasa khawatir terkena virus yang ada. Dari sana, The Changcuters kembali dengan kolaborasi anyarnya. Bersama Modular, mereka akan meluncurkan sebuah Augmented Reality Virtual Concert, di mana sebuah pertunjukan musik dapat dinikmati secara virtual oleh khalayak melaui gawainya masing-masing.

Modular sendiri merupakan sebuah aplikasi berbasis Augmented Reality yang menyajikan konser virtual demi memberikan rasa dan pengalaman baru bagi pengguna dalam menyaksikan konser musik. “Kami menciptakan solusi dari keterbatasan baik musisi atau event organizer untuk menggelar konser musik maupun penikmat musik untuk menyaksikan pertunjukan musik secara langsung, dan The Changcuters menjadi band pertama di Indonesia yang menggelar konser dengan augmented reality ini.” ujar Hendra Araji, CEO dari Modular.“ Aplikasi ini diciptakan sebagai bentuk adaptasi akan perubahan kondisi dunia saat ini dan sebagai gerbang pemasukan baru bagi industri musik.

Bersamaan dengan The Changcuters yang baru saja menghidangkan sajian terbarunya Cari Rasa. “Modular menjadi salah satu media promosi yang cukup unik dan memberikan sensasi rasa yang berbeda dari umumnya. Semoga dengan adanya Modular ini dapat mengobati kerinduan teman-teman Changcut Rangers,” ujar Tria, Vokalis The Changcuters.

Aksi panggung The Changcuters dalam kemasan Augmented Reality hasil kolaborasi dengan Modular ini dapat disaksikan mulai 7 Agustus 2020. Aplikasi Modular dapat diunduh di Google Playstore dan Appstore. Jangan lupa simak tutorialnya melalui akun instagram @modular.id atau @thechangcuters. Selain The Changcuters, akan ada penampilan dari musisi-musisi ternama tanah air lainnya yang dapat disaksikan di aplikasi Modular.

Poster Konser AR The Changcuters

Sebelumnya, The Changcuters telah merilis single berikutnya yang ada di album “Loyalis”. Single ini merupakan lanjutan setelah sebelumnya mereka memvisualkan rasa takut dan cemas akibat wabah yang sedang melanda seluruh dunia termasuk negeri kita, melalui lagu yang diberi judul “Hantu”. Meskipun sempat terhambat proses perilisannya, mereka tetap berkeyakinan bahwa inilah waktu yang tepat untuk menyuguhkannya ke khalayak ramai. Sesuai dengan keterangan sebelumnya, Album ini akan memuat beragam sensasi rasa yang mungkin belum pernah dirasakan di karya-karya mereka sebelumnya.

15 Juli 2020 adalah waktu di mana mereka memberikan sebuah sajian yang mereka beri nama “Cari Rasa” dan sudah bisa dinikmati di berbagai layanan musik dalam jaringan. Melalui single ini, mereka mencoba untuk menceritakan perjalanan pencarian rasa dalam mewarnai hidup. Rasa bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijabarkan. Rasa akan kita kenal jika kita telah mengalaminya. Berawal dari ketidaktahuan, lalu mengalami sebuah kejadian, hingga akhirnya kita dapat merasakan sensasi rasa tersebut. Setiap rasa yang dialami oleh setiap insan tentu akan berbeda, tergantung dengan kondisi hati.

The Changcuters sendiri hingga kini berisikan Moh. Tria Ramadhani alias Tria (vokal), Muhammad Iqbal atau Qibil(backing vocal & gitar), Arlanda Ghazali Langitan atau Alda (gitar), Dipa Nandastra Hasibuan atau Dipa (bass), dan Erick Nindyoastomo alias Erick (drum). Hingga saat ini, tercata mereka telah merilis total 6 album penuh yang mana ada 1 album yang kembali diproduksi. Album tersebut adalah Mencoba Sukses yang dirilis pada tahun 2006 silam, dan kembali dirilis pada tahun 2008 dengan judul Mencoba Sukses Kembali.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari The Changcuters

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading