Komunal Kembali ke Medan Laga Membawa "Komando Badai Api"

 Malam ini telah kembali..
Dirayakan dengan membakar.

Kalimat di atas adalah penggalan lirik dari nomor teranyar milik kuartet heavy metal prestisius yang terbentuk di kota Bandung, Komunal. Ya, seperti dalam penggalan liriknya, unit yang dihuni oleh Doddy Hamson (vokal), M.Anwar Sadat (gitar), Arief Snik (bass), dan Rezha Harry Karthana (drum) ini akhirnya kembali membawa materi yang cukup ‘membakar’ setelah kurang lebih sepuluh tahun tanpa rilisan karya baru.

Sebagai pemanasan menuju album mini studio yang akan dirilis dalam waktu dekat ini, Komunal telah menyuguhkan sebuah video musik untuk nomor “Komando Badai Api”. Nomor ini juga nantinya akan terangkum dalam album mini yang dirilis di bawah panji label rekaman Disaster Records, yang rencananya akan dilepas dalam tiga format fisik; Cakram Padat (CD) dan Pita Kaset (cassette), menyusul Piringan Hitam (vinyl) 7″.

“bertajuk “KOMANDO BADAI API” diambil dari single pertama dari mini album KOMUNAL terbaru, yang dirilis pada tanggal 18 Maret 2022 oleh DISASTER RECORDS.” Terang Komunal dalam keterangan pers.

Dibuka dengan sound gitar yang terdengar berat dari M. Anwar Sadat, rasa rindu  KKK (Kawan Kawan Komunal) -nama fanbase Komunal, akhirnya terobati. Video musik “Komando Badai Api” di dominasi dengan warna pucat hitam dan putih, karakter warna yang memang dekat dengan imej Komunal. Agaknya pemilihan warna video pun tak lepas dari tema lirik yang sedang Komunal suarakan.

Dengan ide visual dan jalan cerita buah pikir dari para personil Komunal, di wilayah produksi, video musik “Komando Badai Api” diproduseri langsung oleh Maternal Disaster serta kursi sutradara diisi oleh manager Komunal sendiri, Harry “black” Purwanto dan dieksekusi dengan baik oleh rumah produksi Ideas.crtve yang bermarkas di Bandung. Sedangkan untuk lokasi pembuatan video musik dilakukan di auditorium IFI Bandung.

Sedikit kembali ke belakang. Komunal merupakan band yang terbentuk di kota Bandung circa 2004. Tercetus dari ide ringan 4 pemuda rantau yang dipertemukan karena menggandrungi berbagai musik yang sama, hingga akhirnya mereka sepakat membentuk band dengan menyuntikan formula keberagaman musik nusantara yang ada. Secara materi musik, band yang sudah memiliki tiga album ini; Panorama (2004), Hitam Semesta (2008), dan Gemuruh Musik Pertiwi (2012) banyak terpengaruhi oleh band-band lokal seperti Godbless, Puppen, Jeruji, Extreme Decay, Flowers serta Led Zeppelin dan Pantera berikut musik trash metal 80-an.

Sambil menunggu album mini terbaru Komunal dilepas, video musik “Komando Badai Api” sudah bisa kalian simak melalui channel YouTube Komunal dan akan disusul tayang di Maternal Disaster. Selamat menikmati, KKK!

Teks: Dicki Lukmnana
Visual: Arsip dari Komunal

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading