Kolaborasi Unik Rocket Rockers dan Kuburan

Akan seperti apa jadinya jika dua band yang berbeda haluan genre bergabung dalam satu projek musik? Sudah dipastikan bakal banyak kejutan menarik di dalamnya. Seperti halnya kolaborasi yang dilakukan oleh Rocket Rockers dan Kuburan baru-baru ini. Di awal tahun 2021 (14/1) ini, kedua band yang sama-sama besar di Bandung itu hadir dalam single kolaborasi bertajuk ‘KRNY’. Bermula dari ide yang tak pernah direncanakan sebelumnya, ‘KRNY’ hadir dengan penuh keunikan.

Projek kolaborasi ini berawal dari vokalis Rocket Rockers, Aska yang memiliki sebuah lagu. Namun setelah diproses lebih lanjut, hasil rekaman demo lagu ini pun terasa lucu  bagi Aska sendiri, terutama dalam liriknya. Diwaktu berdekatan secara kebetulan, Kuburan bertandang ke basecamp Rocket Rockers. Tak pikir panjang, Aska langsung mengajak Kuburan untuk menggarap ‘KRNY’

“Saya kaya dapet wangsit ‘kenapa ga ajak mereka aja ya?’ Dan akhirnya langsung saya tembak ditempat. Setelah Kuburan dengerin  lagunya, mereka suka, terus langsung take buat guide-nya. Alhamdulillah masih bisa jalanin apa yang selama ini Rocket Rockers lagi gencar-gencarnya jalanin regenerasi, adaptasi & kolaborasi,” ungkap Aska.

Sedari judul lagu pun keunikan projek ini sudah muncul. Menurut Aska ‘KRNY’ dipilih menjadi judul lagu karena beberapa tahun lalu diksi yang disingkat semacam ini pernah ngetren. Sedangkan tema besar yang ditampilkan dalam lagu tunggal ini adalah tentang keseharian yang berubah di kala pandemi, seperti memakai masker, di rumah aja, dan jaga jarak.

“Judulnya karena inget dulu ada beberapa lagu hits yang judulnya singkatan seperti J.A.P , C.I.N.T.A. Ditambah sekarang lagi hits film NKCTHI yang judulnya serupa. Walaupun ‘KRNY’ ini bukan singkatan sih. Temen-temen bakal tau jawabannya kalau udah dengerin reff lagu ini,” jelas Aska.

Baik Rocket Rockers dan Kuburan, ini bukan pertama kalinya mereka berkolaborasi dengan musisi dan band lain. Tidak menutup kemungkinan juga kalau nanti dari salah satu mereka membuat sebuah album kolaborasi.

“Kalau kami sih pertama tentu saja senang bisa kolaborasi dengan RR, band yang bisa dikatakan tumbuh bersama di kota Bandung. Kolaborasi nya aja sudah senang, apalagi kalo memang ada rencana dibikinkan album. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” kata Denny bassistman Kuburan.

Secara musikalitas, KRNY tetap bernuansa pop punk seperti lagu-lagu Rocket Rockers yang lain. Namun, dalam beberapa bagian lain ada unsur musik yang unik dan cenderung jenaka semacam citra yang sering ditampilkan oleh Kuburan, di mana hal itu membuat lagu ini menjadi lebih kaya rasa.

Yang patut dinanti adalah penampilan mereka nanti ketika live. Bagaimana menggabungkan personil Rocket Rockers, Aska (vokalis, gitar), Bisma (bass), dan Ozom (drum) dengan delapan personil Kuburan, Denny (Bassistman) Aum (gitaris), Raka (pemaen gitaris), Udhe (kiboran), Surya (pemukul drummer), Resa (pelantun tembang), Dino (CEO), dan Fandy (pinkycong)? Hal ini tampaknya sudah disiapkan oleh kedua band. Sebuah konsep menarik pun siap disajikan jika keduanya tampil live membawakan lagu KRNY.

“Ada beberapa opsi, tapi salah satu opsi yang dikembangkan adalah konsep Battle. Nanti bisa tambah berkembang seiring berjalannya waktu, can’t wait” ucap Denny.

Jadi, “KRNY” itu kira-kira apa ya? langsung saja cek di bawah ini.

Teks: Dicki Lukmana

Visual: Arsip dari Reach & Rich

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading