Kolaborasi Pablo Cikaso dengan Mondo Gascaro

Buat para pengguna aktif jagat media sosial di Indonesia kemungkinan besar pernah atau sering kali melihat karya-karya dari seorang Pablo Cikaso. Lalu, siapa sebenarnya dia? Pablo Cikaso adalah moniker dari Raka Suryakusumah. Dirinya dikenal berkat kepiawaiannya dalam hal mengaransemen ulang karya-karya musisi yang sudah ada, menjadi bentuk yang sangat berbeda. Namun tidak menghilangkan nilai keindahan yang terdapat dari karya tersebut.

Bisa kita tengok bagaimana sebuah soundtrack dari sinetron berjudul Tuyul & Mba Yul diubah sedemikian rupa hingga bernuansa psikedelik yang sekilas seperti band asal Australia, yaitu Tame Impala. Juga ada karya-karya dari musisi lokal seperti White Shoes & The Couples Company, The Adams hingga rapper internasional Rich Brian pun juga tak lepas dari tangan dinginnya untuk diaransemen ulang.

Aransemen miliknya pun bukanlah sesuatu yang dikerjakan secara main-main. Ada nilai keindahan yang ditampilkan olehnya. Kali ini, bekerjasama dengan Ivy League Music, Pablo Cikaso kembali mengaransemen salah satu karya milik Mondo Gascaro yang berjudul “Dan Bila”. Sebuah lagu yang terdapat di album pertama Mondo yaitu Rajakelana.

Lagu-lagu itu diaransemen ulang oleh Pablo Cikaso dengan gaya  city pop 1980-an yang biasa dilakukannya di karya-karya terdahulu. Alasan lagu “Dan Bila” yang dipilih, menurut Pablo, ada sesuatu hal yang sangat cocok dari lagu ini dan sangat eargasm bila didengarkan. Dalam proses produksi, Pablo Cikaso juga turut melibatkan beberapa orang. Mereka adalah Yuwanda Bagus Aprilyan yang bertindak di lini visual untuk single ini, lalu ada Indra Adhikusuma untuk bagian mastering yang berasal dari Red Studio Bandung.

‘“Lagu ini adalah lagu yang pertama saya dengar dari album Rajakelana, saya merasa lagu ini sangat cocok dengan gaya musik yang selalu saya hadirkan.” Jelas Pablo.

“Dan Bila” (Pablo Cikaso’s 80’s version) telah resmi dirilis pada 10 April 2020. Berbeda dengan karya-karya Pablo Cikaso sebelumnya, aransemen ulang lagu ini, selain akan dirilis melalui Youtube, juga akan dirilis di berbagai layanan musik dalam jaringan lainnya. Selain Pablo Cikaso, Ivy League Music juga telah berencana dan menjadwalkan bakal merilis beberapa proyek ­remix dari karya-karya Mondo Gascaro yang akan berkolaborasi dengan beberapa musisi berbeda genre.

Buat kalian yang suka musik dengan gaya city pop 1980-an, dan juga suka dengan karya musik Mondo Gascaro. Wajib hukumnya untuk  mendengarkan versi aransemen ulang yang satu ini.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Ivy League Music

Cerita Iblis dan Manusia di Album Kedua Parakuat

Ranah musik elektronik di Indonesia selalu menarik untuk di simak, terlebih geliatnya di arus pinggir. Banyak seniman bunyi muncul dengan coraknya sendiri dan membawa hasil eksperimentasinya masing-masing. Ranah ini terus...

Keep Reading

The Jansen Persembahkan Album Ketiga

Usai melepas nomor “Mereguk Anti Depresan Lagi” yang cukup mencuri perhatian, The Jansen, trio punk rock dari kota hujan Bogor akhirnya meluncurkan album ketiganya bertajuk “Banal Semakin Binal” (29/7) dalam...

Keep Reading

EP Who Suffer?, Jalan Keluar Defy dari Kekacauan Pandemi

Grup metallic hardcore dari kota Palu, Defy, baru-baru ini telah meluncurkan sebuah album mini bertajuk Who Suffer?. Perilisan album ini juga sekaligus sebagai tanda berjalannya kerja sama antara Defy dan...

Keep Reading

Menuju Album Kedua, Modjorido Rilis Nomor "Bebal"

Usai memperkenalkan album perdana self-tittled di tahun 2021 lalu, grup musik dari Bali, Modjorido akhirnya kembali merilis karya teranyar. Kali ini unit yang dihuni oleh Rico Mahesi (Vocal & Guitar),...

Keep Reading