Kolaborasi Kakak Beradik Anda Perdana dan Bonita

Tak bisa dipungkiri, nama Anda Perdana memang tak asing lagi di telinga banyak orang. Karakter suara dan bakat musikalnya yang mumpuni menjadikannya salah satu penyanyi dan penulis lagu terbaik yang di miliki Indonesia saat ini. Dan, tentu saja, di samping karya-karyanya yang selalu jujur dan blak-blakan. Begitu pun dengan adiknya, Bonita.

Baru-baru ini Anda Perdana telah merilis sebuah single hasil kolaborasinya bersama sang adik, Bonita. Diberi judul “NN”, nomor ini banyak menyuarakan soal kemarahan Anda dan Bonita seputaran isu korupsi yang tak pernah selesai di Indonesia.

“Lagu ini tentang ketidaksetujuan atau kemarahan kami terhadap kondisi korupsi yang saat ini terus terjadi,” ungkap Anda dan Bonita melalui rilis pers.

               Baca juga: Perjalanan Karir Anda Perdana Disajikan dalam Pertunjukan Satu Malam

Pemilihan judul sendiri pun cukup unik karena kakak beradik itu hanya menyematkan dua huruf “N” di baliknya. Diungkapkan oleh Anda dan Bonita, “NN” sendiri merupakan akronim dari “No Name”.

“Tadinya pengen ‘Corrupted’ saja judulnya, tapi ngerti artinya aja nggak, haha. Dan di lagu ini kami tidak menyensor kalimat-kalimat tertentu. Lagian ngapain juga disensor, para koruptor saja nggak malu melakukan korupsi. Cuek aja.” terang Anda.

Berbicara tentang sensor menyensor, di lagu “NN” Anda maupun Bonita memang terasa blak-blakan. Beberapa diksi yang jarang ditemukan di lirik lagu pada umumnya pun keluar di nomor ini, seperti “Bajingan”, “Jackpot”, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, di tahun 2015 single “NN” sudah pernah dirilis dalam format fisik berupa album kompilasi bersama karya musisi-musisi lainnya. “NN” masuk ke dalam kompilasi berjudul Frekuensi Perangkap Tikus Vol. 2 yang diinisiasi oleh lembaga yang mendorong pemberantasan korupsi, Indonesia Corruption Watch (ICW).

Selain dilepas dalam format audio, nomor “NN” juga dikemas ke dalam sebuah video lirik yang digarap oleh Sjanne van Laar yang sudah bisa kalian simak di kanal YouTube milik Berita Angkasa.

Sedikit tentang Anda Perdana, ia adalah penulis lagu dan salah satu penyanyi dengan karakter kuat yang dimiliki Indonesia. Ia sudah berkarya sejak era ’90-an; dimulai lebih dikenal sejak menjadi personel band Bunga, hingga menjadi salah satu pengisi soundtrack film Ada Apa dengan Cinta?. Selama beberapa tahun terakhir Anda Perdana berkarya bersama Reza Achman dalam format musik duo bernama Matajiwa. Kabarnya Ia kini sedang menyelesaikan album solo terbarunya yang akan dirilis oleh Berita Angkasa Records.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Berita Angkasa

Penanda 17 Tahun GBS Berkarir

Gugun Blues Shelter kembali merilis single kedua setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2022 mereka merilis single Jingga. Kali ini, trio Gugun, Bowie & Fajar melepas Down & Dirty seperti yang...

Keep Reading

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading