Kolaborasi Erratic Moody dan Abyan 'The Panturas'

Dua tahun belakangan agaknya menjadi waktu yang cukup sibuk bagi Erratic Moody. Usai melepas debut album Safari Semi di 2021 lalu, kini Erratic Moody kembali memperkenalkan karya teranyarnya berupa single bertajuk “Good Night”. Yang menarik kali ini Erratic Moody menggaet Abyan Nabilio dari The Panturas sebagai rekan kolaborator untuk mengisi peran vokal di nomor tersebut.

Meskipun baru dirilis di kuartal pertama tahun 2022 ini, nyatanya nomor “Good Night” telah ditulis sejak tahun 2022 oleh Reyhan dan Agra. Saat proses penulisan lagu berlangsung, mereka memilih beberapa campuran kata-kata dalam bahasa Inggris yang sekiranya seirama untuk dimasukkan ke dalam nada yang mereka temukan.

Setelah itu, tersusun lah lirik “Good Night” yang utuh dan menceritakan tentang perasaan tak menentu (campur aduk) yang dirasakan oleh seseorang yang baru saja bertemu dengan orang tersayang. Di akhir lagu terdapat bait yang seakan-akan mengungkapkan bahwa sosok yang merasa campur aduk ini sudah merasa lega dan bisa tertidur dengan tenang setelah melampiaskan perasaannya tersebut dengan berkhayal dan berbicara melantur sendirian.

Musik yang terdapat pada “Good Night” lebih kompleks jika dibandingkan dengan beberapa rilisan terakhir mereka. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan instrumen pada lagu ini. Hanya ada isian hammond organ blues di akhir lagu yang dimainkan oleh Rakha Herdiana dan beberapa isian keys kecil dari Mamoy (Bleu House). Namun, “Good Night” masih dipresentasikan dengan ciri khas yang simpel dan catchy ala Erratic Moody.

Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam lagu ini yaitu kehadiran suara Abyan Nabillio dari The Panturas di tengah hingga akhir lagu yang merupakan ide dari Agung (drummer Erratic Moody). Ia merasa bahwa Abyan cocok untuk mengisi suara di beberapa bagian di lagu ini karena suaranya yang unik dan sudah mempunyai ciri khas.

Pada proses produksinya, “Good Night” sempat mengalami perubahan aransemen berkali-kali hingga akhirnya menunjuk Ivan Rifaldy (Loner Lunar) sebagai produser dan dipoles dengan cantik oleh Mamoy saat proses mixing dan mastering.

Gambar yang menjadi sampul terinspirasi dari desain ala obat tidur sebagai pesan ucapan selamat malam yang digarap oleh Farhan Luhung, dipoles oleh Tio Gantira, dan difoto oleh Apip. Kini nomor “Good Night” sudah bisa kalian dengarkan di seluruh layanan streaming musik, termasuk video musik di kanal YouTube Erratic Moody. Selamat mendengarakan.

Editor: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Erratic Moody

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading