Meski bukan suatu hari perayaan yang sakral, namun hari kasih sayang atau valentine day kerap kali dirayakan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Yang merayakan pun tak terpaut usia ataupun strata, bagi yang ingin, mereka pasti akan merayakannya. Bentuk perayaannya pun sangat beragam, yang paling identik adalah dengan memberikan cokelat atau bunga. Namun, bagi sebagian musisi momen ini dirayakan dengan merilis materi baru.

Hal itulah yang dilakukan oleh ketiga rapper ini, mereka memberikan sesuatu yang berbeda. Altarlogika, Don Wilco, dan Joe Million berkolaborasi dan merilis sebuah mini album yang diberi judul “NISTHURA”. Perilisannya pun dilakukan pada tanggal 14 Februari kemarin. Mini album ini berisi 4 lagu kolaborasi ketiga rapper, ditambah 1 lagu remix pada lagu berjudul “Detasemen 666” hasil olahan Prime Manifez.

Materi-materi yang ada pada mini album ini pun turut menghadirkan instrumental yang disumbangkan oleh beberapa produser, mereka adalah Dangerdope, Altarlogika, Prime Manifez, dan juga ketiga rapper yang turut menyumbangkan olahan instrumental pada lagu “Cipinang Chyper”.

Mini album ini kaya akan instrumental dan lirik yang sangat menggugah untuk dicermati dan didengarkan lebih lama. Instrumental yang paling mencolok ada di lagu “Laga Tiga Pendekar”, di lagu ini mereka memasukkan bebunyian dari sebuah alat musik yang bernama bagpipe, asal Skotlandia. Kolaborasi dari ketiganya mampu memberikan suguhan yang bercita rasa unik berkat karakter vokal yang berbeda dari masing-masing, dan juga formasi ini menjadi bukti bahwa hip-hop tanah air terus menuju puncak dengan cara mereka sendiri.

(Silahkan klik gambar ini untuk mendengarkan materi-materi yang tertera)

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Nisthura