Klip Video Terbaru dari Dream Theater dan Gitar Delapan Senar Petrucci

Dream Theater baru saja melepas klip video terbaru untuk “Awaken The Master” pada Senin (25/10) kemarin. Lagu tersebut merupakan trek ketujuh dari album terbaru mereka A View from The Top of World yang juga dirilis beberapa waktu lalu. Lagu berdurasi lebih dari sembilan menit ini adalah trek terakhir yang ditulis dalam album.

“Ini adalah lagu terakhir yang kami tulis,” ujar sang gitaris John Petrucci seperti dilansir Louder. “Ini juga pertama kalinya saya menggunakan gitar delapan senar saya, dan itu menyenangkan. Dulu saat kami mengerjakan Awake (1994) saya selalu ingin memainkan gitar tujuh senar. Jadi, saya memesan gitar tersebut. Saya ingin terinspirasi lagi dengan instrumen tanpa konsep yang sebelumnya pernah ada. Saya menggunakan gitar tersebut dan menulis dengan gaya saya dengan delapan senar. Itu sebenarnya sebuah prototipe.”

Gitar delapan senar Petrucci dibuat oleh Ernie Ball dan termasuk dalam rangkaian alat musik yang merek tersebut buat, Music Man. GItar yang diberi nama Majesty 8 tersebut sebenarnya merupakan pengembangan dari gitar signature Petrucci bersama Music Man, Mystic Dream. Gitar bersenar delapan ini memiliki 24 fret dengan panjang berbeda di bagian bas dan treble atau bisa disebut multi-scale. Panjang scale bas di tambah menjadi 27″ sendangkan bagian treble memiliki panjang standar, 25,5″. Ini memungkinkan tekanan yang nyaman di senar atas dan rasa tradisional di senar bawah untuk memudahkan bend dan solo. Gitar tersebut dijual terbatas, hanya sebanyak 100 yang dilepas ke pasaran.

Petrucci juga menambahkan bahwa lagu ini merupakan salah satu lagu tersulit dalam A View from The Top of World.

“‘Awaken The Master’ rencananya hanya berisikan gitar. John Myung (bas) lah yang menulis liriknya. Beberapa waktu lalu, saya dengar ia mengatakan, ‘Tuannya adalah hatimu.’ Maksud Myung adalah membangunkan hatimu. Lagu tersebut merupakan salah satu yang terberat karena banyaknya rentang instrumen yang dimainkan.”

Ini bukanlah klip pertama Dream Theater untuk A View from The Top of World. Sebelumnya, legenda rok progresif yang beranggotakan John Petrucci (gitar), John Myung (bas), James LaBrie (vokal), Jordan Rudess (kibor), dan Mike Mangini (drum) ini telah melepas klip untuk “The Alien” dan “Invisible Monster”. Klip “The Alien” memiliki nuansa hampir sama dengan “Awaken The Master”, klip diperkaya dengan animasi 3D dan sama-sama dibuat oleh Wayne Joyner. Sedangkan “Invisible Monster” menunjukan semua personel bermain dalam latar abstrak ditambah sedikit cerita dari seorang seniman yang sendang mengerjakan sebuah potongan karya.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Rayon Richards (dreamthater.net)