Kisah The Doors Terabadikan Dalam Novel Grafis

Ada banyak cerita menarik ketika kita membicarakan salah satu band psychedelic legendaris bernama The Doors. Sedari keunikan musiknya sampai dengan kisah persona sang vokalis Jim Morrison yang nahas mati muda di usia 27. Tak terhitung sudah berapa banyak film maupun buku yang mengabadikan kisah hidup para personilnya. Dari sederet dokumen yang sudah tersebar, baru-baru ini Z2 Comics akan mengabadikan kisah the Doors ke dalam format yang belum ada, yakni novel grafis. Diberi judul “Morrison Hotel”, novel bergambar ini ditulis oleh Leah Moore, putri dari komikus legendaris yang menulis judul seperti “Watchmen” dan “Batman:The Killing Joke”.

Selain ditulis oleh Leah, Z2 Comics juga bakal melibatkan personil tersisa dari The Doors, Robby Krieger dan John Densmore untuk berkolaborasi secara langsung. Selain itu novel ini pun akan mendapatkan kontribusi dari berbagai comic artist dari seluruh belahan dunia.

“The Morrison Hotel antologi yang ditulis oleh Leah Moore, bekerja sama dengan anggota yang bertahan dari band rock legendaris The Doors  dan digambar oleh seniman komik dari seluruh dunia” tulis Z2 dalam laman resminya “Novel grafis merangkum pengaruh band menjadi beberapa pengetahuan yang mengarah pada status mereka sebagai architects of counterculture, mempengaruhi seniman, penyair, dan orang luar untuk generasi yang akan datang, dengan latar belakang penutupan semangat bebas tahun 1960-an ke tahun 1970-an yang penuh gejolak. Satu dekade di mana wanita, Afrika-Amerika, Pribumi Amerika, gay, lesbian, dan orang-orang terpinggirkan lainnya melanjutkan perjuangan mereka untuk kesetaraan, dan banyak orang Amerika bergabung dalam protes melawan perang yang sedang berlangsung di Vietnam” lanjutnya.

Beberapa waktu lalu, The Doors juga memberikan sedikit bocoran berupa cuplikan pada beberapa halaman “Morrison Hotel” . Cuplikan tersebut setidaknya memberikan gambaran keadaan sebelum konser The Doors pada tahun 1969 di Miami di mana Jim Morrison pada saat ditangkap diatas panggung karena tuuduhan melakukan porno aksi. Selain memberi bocoran pada novel, The Doors juga membagikan tanggal perilisan vinyl spesial perayaan 50 tahun Morrison Hotel.

Buku setebal 144 halaman dengan dimensi ukura 10cm x 15 cm ini baru akan dirilis dan tersedia secara resmi pada 16 Maret 2021 mendatang. Untuk pemesanannya sendiri sudah bisa dilakukan dari sekarang dengan dua pilihan berbeda, yakni edisi Deluxe dan edisi standar. Untuk edisi deluxe mencakup: LP Gambar Ulang Tahun ke-50 ‘Morrison Hotel’, Tiga (3) art print 9×14.5 eksklusif  dengan gambar dari buku, Slipcase eksklusif dengan sertifikat keaslian yang ditandatangani oleh penulis Leah Moore dan dibanderol dengan harga $ 99.99.

Di bulan November tahun lalu, drummer John Densmore juga membagikan buku terbarunya yang berjudul “The Seekers: Meetings With Remarkable Musician”. Berbeda dengan dua buku sebelumnya “Riders on The Storm: My Life with the Doors and Jim Morrison” (1990) dan” The Doors Unhinged: Jim Morrison’s Legacy Goes on Trial” (2010), dalam buku terbarunya ini John Densmore selain merefleksikan proses kreatif dirinya sendiri bersama The Doors, Densmore akan menceritakan juga bagaimana perjalanannya di industri musik bersama teman-teman musisi sejawatnya, seperti Janis Joplin, Patti Smith, Paul Simon, Bob Marley, Jerry Lee Lewis, dan pentolan dari band legendaris Velvet Underground, Lou Reed. Bahkan relasinya dengan tokoh spiritual Budha, Dalai Lama, turut ia tuangkan dalam tulisannya.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Z2 Comiscs

My Bloody Valentine Kritik Spotify Soal Lirik yang Salah

Di antara kalian pasti ada dong yang pernah memutar lagu di Spotify sambil menikmati fitur lirik yang disediakan. Lewat fitur ini, para pengguna Spotify bisa sambil bernyanyi sesuka hati. Tapi,...

Keep Reading

Patahan Imajinasi Masa Kecil di Nomor Terbaru Latter Smil

Latter Smil, duo asal kota Palu yang dihuni oleh Dian dan Eko, dipermulaan tahun 2022 ini kembali melepas karya teranyarnya bertajuk “Kalila”. Lewat single ini Latter Smil mencoba untuk memberikan...

Keep Reading

Perjalanan Skena Musik Ambarawa dalam Album Kompilasi They Hate Us

Terlihat dalam beberapa tahun terakhir, produksi album kompilasi skena musik lokal mulai kembali marak. Tercatat ada beberapa deretan kompilasi yang terbit pada setahun-dua tahun ke belakang, seperti Bikin Kompilasi: Bless...

Keep Reading

Dua Album Milik Semiotika Akhirnya Dilepas Secara Digital

Usai merilis album penuh bertajuk Eulogi, unit post-rock asal Jambi, Semiotika akhirnya merilis dua album terdahulunya Ruang (2015) dan album mini Gelombang Darat (2018) ke dalam format digital. Sementara album...

Keep Reading