Kisah Romantis Milik Untitled Joy

Meski sempat vakum sejak 2016 lalu, rupanya tidak membuat Untitled Joy benar-benar berhenti. Di tahun 2020 ini, band yang terdiri dari Adi Putra (Guitar), Bagus Tomo (Drum), Nico Okada (Vocal), Riyan Kresnandi (Bass), dan Toy Gregori (Guitar) tersebut bangkit lagi dengan memperkenalkan sebuah lagu baru bertajuk “Jingga: Ruang Lingkup Skala Kecil”

Menurut mereka, “Jingga: Ruang Lingkup Skala Kecil” adalah lagu yang terdengar lebih simple, romatis, lugas, dan minim kiasan, sangat berbeda dengan tembang-tembang Untitled Joy sebelumnya.

“Sebenarnya ketika aku menulis lagu ini, konflik yang dulu aku rasakan di usia belasan sampai awal dua puluhan sudah berbeda dengan sekarang, bahkan hampir tidak ada. Akhirnya yang aku lakukan adalah menggali kenangan lampau untuk pembuatan lagunya,” ujar Nico Okada, vokalis sekaligus penulis lirik lagu ini.

Selain dari segi penulisan lagunya, para personil Untitled Joy pun mengakui bahwa ada perbedaan dari segi musikalitasnya. Kalau dulu mereka menjadikan post-punk sebagai highlight-nya, kali ini mereka justru ingin mengeksplorasi ke arah noise pop.

“Lagu ini merupakan perayaan pertemuan sejoli yang hanya bisa bertemu di hari Minggu, dan Ruang Lingkup Skala Kecil adalah sebuah penggambaran dunia milik mereka berdua.” Tambah Nico.

Artwork single ini digarap oleh Tadiga Kurniananda. Sedangkan video musiknya adalah hasil kerjasama dengan rumah produksi Belantara Films yang disutradarai oleh Agni Tirta. Sebagian besar video ini direkam di Taman Rekreasi Kaliurang. Taman yang semasa jayanya sangat ramai untuk kumpul keluarga, darmawisata anak sekolah, dan juga merupakan lokasi langganan bagi para muda-mudi untuk memadu kasih.

Video klip dari “Jingga: Ruang Lingkup Skala Kecil” sudah bisa dinikmati melalui halaman Youtube milik Untitled Joy sejak tanggal 6 Januari 2020. Versi audio-nya pun dapat diakses melalui berbagai macam layanan streaming digital semisal Spotify.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Untitled Joy

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading